Latihan Online gratis UN Bahasa Indonesia 2019-2020-Live Interaktif bagian 2

#sobatpintar!

Kali ini kita akan melanjut Quiz Online Interaktif persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia 2020 untuk SMP! Sudah banyak hasil yang masuk ke database kami, semoga bisa membantu dan sekali lagi kami ingatkan agar

jangan ragu-ragu untuk bertanya dan membahas soal-soal yang kalian tidak mengerti baik di quiz ini ataupun di sekolah bersama kami!

IMG_20190813_130304_538Kenapa? Karena website ini sejatinya adalah :  Wadah belajar online Interaktif tanpa paksaan apapun! 😉

Dihapusnya Ujian Nasional tidak serta-merta menghapus kewajiban ujian sebagai tolak ukur kelayakan seseorang untuk ke tingkat berikutnya. Jadi santai saja gaes alias selow. Hidup ini memang penuh ujian 😀 Hmm, tapi sebenarnya sobat pintar yang saat ini mengikuti ujian nasional harus bangga loh, iya benar kalian harus bangga, karena kalian telah terlibat langsung dalam sejarah kurikulum pendidikan Indonesia yang masih belu stabil 😀

Baiklah, sebelum memulai Quiz, ini tips yang harus kalian perhatikan :

  1. Jangan ragu untuk bertanya dan membahas dengan kami mengenai materi quiz dan pelajaran yang kalian dapatkan di sekolah ataupun ditempat les. Gunakan Live chat di website ini, ada whatsapp dan live facebook messenger. Disamping itu kalian juga bisa bertanya melalui Instagram kami @senopatieducationcenter. Kalian tidak perlu khawatir, karena yang menjawab langsung gurunya. Alamat lengkap workshop kami juga bisa kalian lihat pada website ini (lihat google map pada halaman utama).
  2. Kerjakan dengan teliti dan usahakan tanpa bantuan orang lain ataupun mesin-mesin seperti mbah google , mbah brainly dan lainnya agar kalian bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kalian selama ini. Bayangkan jika ujian nasional dimulai ketika kalian mengerjakan quiz ini, berapakah nilai kalian?
  3. Setelah mengerjakan, akan ada pembahasan. Teliti dengan seksama pembahasan tersebut dan jangan ragu-ragu menghubungi kami jika kalian merasa jawaban kalian betul, soalnya salah atau kalian tidak mengerti. Pertanyaan kalian tidak kami batasi sekedar pada quiz ini, tetapi kalian juga boleh bertanya soal-soal dan materi yang kalian pelajari sekolah dan tempat les kalian.
  4. Quiz ini dilengkapi dengan timer. Jumlah soal adalah 40, dengan essay berjumlah 5 soal. Usahakan kalian mengerjakan per soalnya adalah 3 menit. Untuk Soal Essay , lihat lah jawaban yang benar pada pembahasan di akhir quiz, jika mendekati dan berwarna hijau, maka jawaban kalian benar 😉
  5. Sekali lagi percayalah bahwa website ini adalah Wadah Belajar Online Interaktif tanpa paksaan!
  6. terakhir, kalau kalian suka dengan bimbel online interaktif ini, jangan lupa di share ke teman lainnya ya, bersama pasti kita dashyat 😉

Langsung saja kita mulai, jangan lupa berdoa dulu biar tenang, good luck guys!

0%
3

Bahasa Indonesia SMP 1

BAHASA INDONESIA SMP KE-2

Klik START untuk memulai!

Kenalan dulu dong 😉

1 / 40

Bacalah kalimat berikut!

Saya akan memaafkan, jika mereka mengakui kesalahannya.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat di atas adalah . . .

2 / 40

Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I

Teman-teman Hendra tiba-tiba bersorak gembira. Tapi, tidak jauh dari mereka terlihat Roni yang terkulai lemas karena layang-layangnya putus. Padahal, Roni sudah menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan layang-layangnya melawan Hendra, tetapi kali ini ia tidak berhasil. Tidak lama senja pun tiba. Ketika terdengar suara azan, anak-anak membubarkan diri untuk pergi ke masjid. Berita kemenangan Hendra atas Roni semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Hendra memang sakti.

Kutipan II

Sudah sekitar sebulan Ersa pindah ke rumah barunya. Rumah tersebut hasil jerih payahnya yang ia tabung selama lima belas tahun lalu. Kerja kerasnya tersebut membuahkan hasil. Sebuah rumah dengan desain layaknya istana dalam dongeng. Selain itu, banyak mobil mewahnya yang menghiasi garasi di rumahnya. Kini, Ersa dapat menikmati hasil dari kesabarannya dalam menabung untuk masa depan.

Perbedaan pola penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks cerita pendek tersebut adalah

3 / 40

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Bacalah fabel berikut! Ketika memandangi anak-anaknya yang baru menetas, induk ayam bingung. Salah satu anaknya kecil sekali dibandingkan anak-anak yang lain. Tetapi, ia tetap menyayanginya. Sekelompok anak ayam nakal sering mengejek ayam kecil itu. Namun, anak ayam kecil tetap bahagia bersama keluarganya. Induk dan saudara-saudaranya selalu menjaganya.

Jelaskan keteladanan yang dapat diambil dari fabel tersebut!

4 / 40

Bacalah paragraf berikut! Kata ayahku, setiap hari Pak Ridwan berperahu menghampiri rumah-rumah penduduk di sepanjang bantaran sungai, termasuk rumah kakekku. Hanya untuk membujuk warga di sana agar mau menyekolahkan anak mereka. Tema bacaan di atas adalah ....

5 / 40

Di tempat Tasikmalaya, mereka mempelajari pembuatan gula Jawa.

Penulisan karakter yang salah pada kalimat tersebut terdapat pada kata ....

6 / 40

(1) Suami istri tampak tergesa-gesa meninggalkan ruang itu dan masuk dalam
Kendaraan yang diparkir di depan gedung. (2) Mereka baru saja menyerahkan sejumlah uang bantuan ke Panti Asuhan. (3) Mereka tidak ingin kedatangannya ini diketahui oleh para kuli tinta yang ingin mewawancarainya. (4) Oleh karena itu, segeralah mereka meninggalkan gedung panti asuhan itu.
Kalimat berameliorasi terdapat pada nomor ….

7 / 40

Beberapa sarjana telah diberangkatkan menuju Pulau Kalimantan untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang baru saja mereka selesaikan. Mereka menuju pulau bakti itu dengan berlayar. Mereka bersama dengan saudara saudaranya, penduduk asli, memberdayakan hutan untuk menunjang pembangunan.

Kata yang mengalami penyempitan makna dalam paragraf tersebut adalah ....

8 / 40

Perhatikan paragraf berikut!

Kelompok Anggrek Bulan mendapat tugas mengamati pasar ikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah pulang sekolah pada hari Jumat. Pasar yang diamati terletak di pinggir jalan. Mereka memperhatikan para penjual-penjual meletakkan jualannya di dekat jalan raya. Akibatnya jalan macet, becek, dan bau.

Perbaikilah kalimat yang bercetak miring tersebut!

9 / 40

Jawablah dengan tepat!

Asril : ”Boleh berobat jalan saja, Dok?”
Dokter : ”Tidak! Saudara harus diinfus. Mungkin dua atau tiga hari di rumah sakit.
(dokter menulis surat untuk salah satu rumah sakit) Ini surat untuk rumah sakit.”
Asril : ”Terima kasih, Dok. Saya akan memberi tahu ibu dan bapak saya. Berapa saya harus bayar, Dok?”
Dokter : ”Tidak usah bayar dulu. Nanti kalau sudah sembuh.”

Watak dokter pada penggalan drama tersebut adalah ….

10 / 40

Bacalah teks Berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…

11 / 40

Perhatikan kalimat berikut! Pelajari bentuk dan gaya yang digunakan oleh penyair-penyair terkenal supaya mengenal struktur, format, sajak dan unsur lain yang digunakan dalam menulis puisi. Penggunaan tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....

12 / 40

Bacalah Kutipan Berikut!

“Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu orang dewasa maupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya.”

Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ….

13 / 40

Bacalah kalimat berikut!
Rina sudah yatim piatu sebab orang tuanya wafat dalam kecelakaan.

Penggunaan kata wafat pada kalimat tersebut tidak sempurna sebab kata wafat....

14 / 40

Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.  Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah

15 / 40

Tujuan ekspor di antaranya menciptakan iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing

Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….

16 / 40

Cermati Teks Berikit!

Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […] (4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …

17 / 40

Kemarin (1) aku dikasih (2) tahu teknik (3) membawa bola basket oleh tim (4) pelatih di sekolahku. Kata tidak baku yang terdapat pada kalimat tersebut ditandai nomor ....

18 / 40

Pada zaman Jepang, Ismail Marzuki menciptakan lagu mars “Gagah Perwia”. Perubahan kalimat aktif menjadi kalimat pasif dari kalimat tersebut adalah

19 / 40

Jawablah dengan tepat!

Bacalah fabel berikut! Binatang-binatang di hutan sedang memilih raja. Tiba-tiba Kera berteriak, “Manusia saja yang menjadi raja, ia kan sangat pandai”. “Tidak mungkin,” jawab Tupai. “Coba kalian semua perhatikan aku, aku mirip dengan manusia bukan? Maka akulah yang cocok menjadi raja,” ujar Kera.Setelah melalui perundingan, penghuni hutan sepakat Kera menjadi raja yang baru. Setelah diangkat menjadi raja, tingkah laku kera sama sekali tidak seperti raja. Kerjanya hanya bermalas-malasan sambil menyantap makanan yang lezat-lezat.

Jelaskan konflik yang terjadi pada fabel tersebut!

20 / 40

Perhatikan teks dialog berikut ini !
Pewawancara :"Sejak kapan Bapak menata Iingkungan ini?”
Pak Lurah : "Kira-kira tiga tahun yang Wu.”
Pewawancara : “ …… “
Pak lurah : “Saya melibatkan warga yang tinggal di lingkungan Ini.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah...

21 / 40

Perhatikan pidato berikut! Seringkali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan. Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan di mana-mana. [....] Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah ....

22 / 40

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Bacalah fabel berikut! Ketika memandangi anak-anaknya yang baru menetas, induk ayam bingung. Salah satu anaknya kecil sekali dibandingkan anak-anak yang lain. Tetapi, ia tetap menyayanginya. Sekelompok anak ayam nakal sering mengejek ayam kecil itu. Namun, anak ayam kecil tetap bahagia bersama keluarganya. Induk dan saudara-saudaranya selalu menjaganya.

Jelaskan makna kata dari menetas!

23 / 40

Bacalah kutipan cerita berikut!

Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat saat jam istirahat.
“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha.
Mereka berencana menyusun strategi yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ….

24 / 40

Cermati kalimat berikut!

Liburan ke Lombok memberikan kesan yang sangat mendalam karena di sana banyak tempat wisata yang amat sangat menarik.

Kalimat di atas tidak efektif karena . . .

25 / 40

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.
Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”
Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”
Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.” Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.
Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai) Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

Sifat tokoh Katak dalam teks drama tersebut adalah ....

26 / 40

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.
Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”
Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”
Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.” Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.
Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai) Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

Mengapa Semut ingin pindah ke tanah seberang?

27 / 40

Bacalah kutipan cerita Berikut!
“Namaku Aini,” Aini mengulurkan tangan sambil menyebut namanya.
“O, iya,” jawab gadis yang belakangan diketahui bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut perkenalan Aini.
“Jika kamu butuh informasi tentang sekolah ini, aku bisa bantu, kok,” lanjut Aini.
“Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus berteman di kelas baruku ini,” Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis matanya.
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Deswita pada kutipan cerita tersebut adalah

28 / 40

Minggu yang lalu di rumahku diadakan pesta ulang tahun kakakku. Suasananya sangat meriah (1). Para undangan tepat datang (2) pada waktu yang telah ditentukan sehingga tidak menghambat (3) acara. Saat itu kami terpesona melihat(4) mereka dengan berpakaian (5) mentereng (6). Apalagi kakakku mengenakan (7) asesoris melati (8) yang begitu menarik (9). Deretan kata kerja yang terdapat pada paragraf tersebut ditandai nomor ….

29 / 40

Perhatikan kalimat berikut!

“Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa […] Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?

Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…

30 / 40

Wulan, Sari, Wisnu, dan saya membentuk kelompok belajar. Dalam kelompok itu (1)…selalu berdiskusi. Wulan anak terpandai, (2) … ditunjuk sebagai ketua kelompok. Wali kelas sering bercerita kepada wali murid bahwa (3) … adalah kelompok belajaryang kompak. Isian yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah

31 / 40

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.
Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”
Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”
Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.” Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.
Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai)

Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

Bagaimana cara Katak mengantarkan Semut ke tanah seberang?

32 / 40

Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….

33 / 40

Simak kalimat dibawah ini:

“Ada sesuatu yang akan saya sampaikan mengenai pengalaman pada saat saya bertugas isebuah pedesaan:

Pada kalimat diatas terdapat sebuah kesalahan, yakni terdapat pada kata?..

34 / 40

Saat bangun dari rumahnya di lubang kecil di tepi telaga, Katak Hijau segera menceburkan diri ke telaga. Tiba-tiba ia dikagetkan oleh kawanan Semut.
Semut : “Tolonglah kami Katak Hijau, kami ingin ke tanah seberang.
Katak : “Memangnya mengapa kalian ingin ke sana?”
Semut : “Kami selalu diganggu oleh Rayap dan Belalang. Mereka suka sekali mengambil makanan yang sudah kami kumpulkan.”
Katak : “Baiklah kalau begitu. Naiklah ke punggungku.” Semut : “Terima kasih, Katak.” Ratusan Semut langsung naik di punggung Katak Hijau, tetapi mereka terus bergerak-gerak sehingga membuat Katak kegelian.
Katak : “Tunggu sebentar, aku kegelian. Tolong turun semua.” (Katak lalu mengambil selembar daun teratai) Katak : “Nah, sekarang naiklah ke daun ini. Nanti, aku akan mendorong kalian semua sampai ke seberang.”

Amanat yang terkandung dalam teks drama tersebut adalah

35 / 40

Bacalah paragraf berikut dan jawablah dengan tepat!
Guruku bernama Ibu Mutiara Dewi. Beliau berprofesi sebagai guru sudah 28 tahun. Beliau pun sudah pernah mengajar di berbagai sekolah dari pedalaman sampai sekolah terkenal di kota. Berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengajar pernah dialaminya. Pengalaman itu membuatnya mengajar dengan baik. (....)

Sebutkan peribahasa yang sesuai untuk menggambarkan teks tersebut!

36 / 40

Bacalah kalimat berikut ini! Pertumbuhan penduduk di Pulau Sumatera mengakibatkan luas hutan alam [...] seiring dengan pembukaan lahan untuk perumahan. Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....

37 / 40

Bacalah teks berikut!
Nama NH. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Sri Hardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah

38 / 40

Perhatikan iklan berikut! Mari berhemat! Matikan keran air jika tidak [...]! Kata yang tepat untuk melengkapi iklan di atas adalah ....

39 / 40

Bacalah teks berikut!
Banyak tragedi di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak sebab mendapat provokator dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Itulah yang menjadikan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melaksanakan penjabaran dulu kepada pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.

Pengganti istilah anarkisme dan klasifikasi pada teks tersebut secara berturut-turut adalah....

40 / 40

Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah …

Your score is

The average score is 43%

0%

 

Quiz sebelumnya : 

Latihan Online gratis UN Bahasa Indonesia 2019-2020 bagian 1

Questions