Latihan Online gratis UN Bahasa Indonesia 2019-2020 bagian 1

momentcam_20150102094609Hai sobat pintar, sesuai dengan motto kita yaitu  #pintaritugratis , maka dari tulisan sebelumnya Persiapan UN Bahasa Indonesia 2019-2020 bagian 1 , tiba saatnya untuk  latihan. Latihan bukan sembarang latihan loch, di sini kalian bisa berinteraksi secara langsung dengan gurunya! asyikan?

Pada bagian pertama ini, kami akan menyajikan 20 soal terlebih dahulu. Pembahasan tidak akan kami jabarkan semua ya, biar penasaran gitu, kan ada media live chatnya (WhatsApp dan Facebook Messenger) 😀 Pastikan kalian menggunakan kelas online ini secara gratis! Iya gratis koq 😉 Langsung saja kita mulai ya guys!

Aturan Persiapan Online #pintaritugratis! bagian 1

  1. Berdoalah terlebih dahulu.
  2. Carilah tempat nyaman (mager) untuk mengerjakan agar fokus.
  3. Kerjakanlah sendiri tanpa bantuan manusia, buku dan mbah google, ingat kalian lagi latihan keuleus 😀
  4. Usahakan untuk mengerjakan per soal maksimal 3 menit!
  5. Hasil Tes ini akan terkirim ke database kami. Jadi benar-benar dikerjakan loch 😉 Lihat dulu hasil yang kalian kerjakan dan segera bahas bersama dengan kami melalui media chat yang telah disediakan.
  6. Sekali lagi ingat bahwa website ini adalah wadah belajar interaktif gratis antara murid dan guru!
2

Waktu 1 jam = 3600 detik

Waktu 1 jam = 3600 detik


Created on By sec

Bahasa Indonesia SMP ke-1

Klik START untuk memulai !

Kenalan dulu dong 😉

1 / 20

Tujuan ekspor di antaranya menciptakan iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing

Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….

2 / 20

Perhatikan kalimat berikut!

“Ulu, tidakkah kamu tahu bahwa […] Pencipta membuat kita dengan keunikan yang berbeda-beda?

Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…

3 / 20

Simak kalimat dibawah ini:

“Ada sesuatu yang akan saya sampaikan mengenai pengalaman pada saat saya bertugas isebuah pedesaan:

Pada kalimat diatas terdapat sebuah kesalahan, yakni terdapat pada kata?..

4 / 20

Bacalah kalimat berikut!
Rina sudah yatim piatu sebab orang tuanya wafat dalam kecelakaan.

Penggunaan kata wafat pada kalimat tersebut tidak sempurna sebab kata wafat....

5 / 20

Perhatikan teks dialog berikut ini !
Pewawancara :"Sejak kapan Bapak menata Iingkungan ini?”
Pak Lurah : "Kira-kira tiga tahun yang Wu.”
Pewawancara : “ …… “
Pak lurah : “Saya melibatkan warga yang tinggal di lingkungan Ini.”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah...

6 / 20

Bacalah teks berikut!
Banyak tragedi di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak sebab mendapat provokator dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Itulah yang menjadikan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melaksanakan penjabaran dulu kepada pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.

Pengganti istilah anarkisme dan klasifikasi pada teks tersebut secara berturut-turut adalah....

7 / 20

Bacalah teks Berikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…

8 / 20

Bacalah kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan I

Teman-teman Hendra tiba-tiba bersorak gembira. Tapi, tidak jauh dari mereka terlihat Roni yang terkulai lemas karena layang-layangnya putus. Padahal, Roni sudah menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan layang-layangnya melawan Hendra, tetapi kali ini ia tidak berhasil. Tidak lama senja pun tiba. Ketika terdengar suara azan, anak-anak membubarkan diri untuk pergi ke masjid. Berita kemenangan Hendra atas Roni semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Hendra memang sakti.

Kutipan II

Sudah sekitar sebulan Ersa pindah ke rumah barunya. Rumah tersebut hasil jerih payahnya yang ia tabung selama lima belas tahun lalu. Kerja kerasnya tersebut membuahkan hasil. Sebuah rumah dengan desain layaknya istana dalam dongeng. Selain itu, banyak mobil mewahnya yang menghiasi garasi di rumahnya. Kini, Ersa dapat menikmati hasil dari kesabarannya dalam menabung untuk masa depan.

Perbedaan pola penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks cerita pendek tersebut adalah

9 / 20

Di tempat Tasikmalaya, mereka mempelajari pembuatan gula Jawa.

Penulisan karakter yang salah pada kalimat tersebut terdapat pada kata ....

10 / 20

Bacalah teks berikut!
Nama NH. Dini merupakan singkatan dari Nurhayati Sri Hardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak sejak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak dapat mewujudkan cita-cita itu karena orang tuanya tidak mampu membiayainya. Ia hanya dapat mencapai pendidikannya sampai sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah

11 / 20

Bacalah kutipan cerita berikut!

Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat saat jam istirahat.
“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha.
Mereka berencana menyusun strategi yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ….

12 / 20

Cermati kalimat berikut!

Liburan ke Lombok memberikan kesan yang sangat mendalam karena di sana banyak tempat wisata yang amat sangat menarik.

Kalimat di atas tidak efektif karena . . .

13 / 20

Dimanakah workshop Senopati Center?

14 / 20

Bacalah kutipan cerita Berikut!
“Namaku Aini,” Aini mengulurkan tangan sambil menyebut namanya.
“O, iya,” jawab gadis yang belakangan diketahui bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut perkenalan Aini.
“Jika kamu butuh informasi tentang sekolah ini, aku bisa bantu, kok,” lanjut Aini.
“Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus berteman di kelas baruku ini,” Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis matanya.
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Deswita pada kutipan cerita tersebut adalah

15 / 20

Bacalah kalimat berikut!

Saya akan memaafkan, jika mereka mengakui kesalahannya.

Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat di atas adalah . . .

16 / 20

Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.  Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah

17 / 20

Bacalah Kutipan Berikut!

“Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Dengan berolahraga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hal itu dapat dirasakan oleh semua orang yang berolahraga. Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang. Tak peduli itu orang dewasa maupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya.”

Ide pokok kutipan teks tersebut adalah ….

18 / 20

Cermati Teks Berikit!

Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun lidah buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […] (4) Tempelkan pada bagian yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …

19 / 20

Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….

20 / 20

Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah …

Your score is

The average score is 43%

0%

Beberapa pembahasan bisa dijabarkan sebagai berikut :

  • Tujuan ekspor di antaranya menciptakan iklim perusahaan yang kondusif dan menjaga kestabilan kurs valuta asing
    Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ….
    A. ekspor
    B. perusahaan
    C. kondusif
    D. valuta

Pembahasannya
Sesuai dengan konteks kalimat, pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah kata perusahaan. Kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah kata usaha. Kata usaha bermakna kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung), sedangkan kata perusahaan bermakna organisasi berbadan hukum yang mengadakan transaksi atau usaha. Maka jawaban yang tepat adalah B

  • Bacalah kutipan cerita Berikut!
    “Namaku Aini,” Aini mengulurkan tangan sambil menyebut namanya.
    “O, iya,” jawab gadis yang belakangan diketahui bernama Deswita itu. Tampaknya anak baru itu agak malas menyambut perkenalan Aini.
    “Jika kamu butuh informasi tentang sekolah ini, aku bisa bantu, kok,” lanjut Aini.
    “Maaf, deh. Aku tahu dengan siapa aku harus berteman di kelas baruku ini,” Deswita menjawab sambil sedikit menaikkan alis matanya.
    Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Deswita pada kutipan cerita tersebut adalah ….
    A. diceritakan tokoh lain
    B. penggambaran fisik
    C. tingkah laku tokoh
    D. dialog antartokoh.

Pembahasan
Pendeskripsian watak tokoh Deswita dalam kutipan cerita tersebut diungkapkan melalui dialog antartokoh (opsi D). Tokoh Deswita berdialog dengan Aini. Maka jawaban yang tepat adalah D

Mau tanya pembahasan yang lain? Langsung saja bahas bersama kami, karena sekali lagi percayalah bahwa #pintaritugratis! Jika kalian ingin try out materi lainnya sendiri dengan pembahasan juga, lansung saja ke attachment, pilih menu try out online gratis ILMCI, dijamin seru deh. Bukan hanya itu, kalian juga bisa melihat Video soal pembahasan UN di sana. Tanya jawab ini kami buka juga melalui kolom bertanya dan instagram @senopatieducationcenter

Sampai bertemu di udara 😉

businesscard12_1_102423

 

 

 

 

 

Questions