Belajar Idiom Bahasa Mandarin Part #3 – Idiom dengan awalan 心

Karakter 心 atau Xīn dalam Bahasa Inggris diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan perasaan. Banyak kosa-kata Bahasa Mandarin yang di awali dengan 心 , diantaranya :

  • 中心 ( Zhōngxīn ) = pusat
  • 心脏 ( Xīnzàng ) = jantung
  • 心跳 ( Xīntiào ) = denyut jantung
  • 心情 ( Xīnqíng ) = suasana hati

Berikut beberapa idiom yang mengandung unsur 心 atau Xīn :

  • 心不在焉 ( Xīnbùzàiyān)

Idiom ini bisa dimaknai sebagai linglung, atau secara harafiah artinya adalah hati yang tidak berada di tempat yang semestinya. Secara makna bisa sebagai termenung, tidak fokus, melalum dan sebagainya.

  • 心灰意冷 ( Xīn huī yì lěng )

Arti harafiah dari idiom di atas adalah hati yang kelabu dan semangat yang dingin. Jika kita artikan dengan bebas adalah rasa frustrasi. Patah semangat dan berkecil hati juga bisa mewakili idiom ini. Sinonim dari idiom ini adalah 心灰意懒 ( Xīnhuīyìlǎn ), sedangkan antonimnya adalah : 兴高采烈 ( Xìnggāocǎiliè ) yang berarti riang gembira atau sukacita.

  • 心旷神怡 ( Xīnkuàngshényí )

Secara harafiah idiom ini dapat diartikan sebagai hati lega, tetapi jika digali lagi secara makna yang mendalam idiom ini tidak berlaku bagi semua situasi yang gembira, kebanyakan menggambarkan keadaan pikiran seseorang saat dia merasa hilang bebannya, santai dan benar-benar gembira. Antonim dari idiom ini adalah 心烦意乱 ( Xīnfán yì luàn ) yang berarti hati galau, resah dan kesal.

  • 小心翼翼 ( Xiǎoxīnyìyì )

Bisa diartikan cermat dan sangat hati-hati dalam melakukan sesuatu, idiom ini memiliki sinonim 谨小慎微 ( Jǐnxiǎoshènwēi ), sedangkan antonimnya adalah 粗心大意 ( Cūxīn dàyì ) yang berarti ceroboh!

  • 心安理得 ( Xīn’ānlǐdé )

Hati tenang, ketenangan pikiran dan sebagainya. Idiom ini digunakan ketika hti nurani merasa bebas dan tidak bersalah, teguh, berdiri teguh pada tindakannya, karena telah melakukan hal yang tepat.

Demikianlah beberapa idiom yang diawali dengan karakter 心 , beserta arti, makna, sinonim dan antonimnya. Tentunya jika ada penulisan yang kurang tepat atau bahkan salah, penulis mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya, saran, masukan dan komentar tentunya akan sangat penulis butuhkan agar tulisan kedepannya dapat lebih bermanfaat.

谢谢, 再见!

Postingan sebelumnya :

Belajar Idiom Bahasa Mandarin #2 – Idiom dengan awalan 不
Belajar Idiom Bahasa Mandarin #1

Playlist Belajar Bahasa Mandarin :

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?