Belajar Idiom Bahasa Mandarin #1

Dalam sebuah bahasa di dunia ini hampir selalu kita temukan Idiom, seperti di saat kita membaca koran, menonton televisi, membaca karya sastra dan sebagainya. Dalam Bahasa Mandarin, idiom merupakan sarana penyampaian ekspresi yang penting dan mendasar. Pada tulisan ini kita akan mengupas idiom-idiom yang umum dan jarang digunakan dalam Bahasa Mandarin.

Pada tahap awal ini kami akan membagikan 5 idiom beserta pengertiannya terlebih dahulu yang diambil dari berbagai sumber :

  • 百发百中 ( Bǎifābǎizhòng )

Makna dari idiom ini adalah keahlian menembak (keakuratan)yang terus menerus atau selalu tepat. Ditinjau dari segi kalimat harafiahnya adalah seratus kali menembak seratus kali mengenai sasaran . Sinonim (persamaan) dari Idiom ini adalah : 百无一失 ( Bǎi wú yī shī ) yang bisa diartikan menang dengan mudah.

  • 百折不挠 ( Bǎizhébùnáo )

Makna untuk idiom ini adalah sikap yang sangat tabah dalam menghadapi rintangan (gigih). Arti harafiahnya sendiri adalah tetap gigih meskipin mengalami 100 hambatan. Sinonim (persamaan) dari idiom ini adalah 坚忍不拔 yang merupakan ketekunan.

  • 半途而废 ( Bàntú’érfèi )

Idiom diatas memiliki makna tidak mengerjakan sesuatu sampai selesai. Arti harafiahnya adalah menyerah di tengah jalan. Jika pada kedua idiom diatas disebutkan sinonimnya, maka kali ini adalah antonim (kebalikannya), yaitu : 坚持不与 ( Jiānchí bù yǔ )

  • 不可救药 ( ùkě jiù yào )

Makna dari Idiom di atas adalah tidak tertolong atau tidak dapat diperbaiki, bisa juga diartikan putus asa

Segera kita lanjutkan pada tulisan berikutnya. Jika sahabat ingin melihat persamaan idiom Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang , silahkan lihat video di bawah ini :

谢谢, 再见!

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?