Belajar Idiom Bahasa Mandarin #2 – Idiom dengan awalan 不

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas beberapa idiom dalam Bahasa Mandarin. Uniknya kali ini kami akan menjabarkan idiom-idiom yang berawalah dan karakter 不 (tidak), sekarang mari kita lanjutkan idiom-idiom tersebut, diantaranya :

  • 不劳而获 ( Bùláo’érhuò )

Idiom ini memiliki arti harafiah menuai hasil tanpa harus bersusah payah. Makna dari idiom ini adalah mendapatkan hasil tanpa mengeluarkan usaha apapun bisa dimaknakan juga caranya orang malas mengerjakan sesuatu.

Antonim dari idiom ini adalah : 徒劳无功 ( Túláowúgōng )

  • 不偏不倚 ( Bùpiān bù yǐ )

Makna dari idiom ini adalah keadilan atau bersikap objektif dan tidak berpihak . Tidak condong ke sisi manapun.

  • 不胜枚举 ( Bùshèng méi jǔ )

Arti harafiah dari idiom ini adalah terlalu banyak untuk disebutkan atau tidak mungkin dihitung satu per satu. Makna dan arti harafiahnya tidak terlalu berbeda.

  • 不闻不问 ( Bù wén bù wèn )

Idiom ini memiliki arti harafiah tidak mendengarkan ataupun menanyakan Sedangkan maknanya adalah sama sekali tidak peduli,sedikitpun acuh atau tidak ingin tahu apa-apa.

  • 不务正业 ( Bùwùzhèngyè )

Secara makna idiom ini diigunakan untuk menggambarkan orang-orang yang menganggur dan tidak mengerjakan pekerjaan yang layak, atau orang-orang yang terus melakukan hal-hal di luar pekerjaan mereka sebenarnya.

Arti harafiahnya adalah mengabaikan hal-hal yang ada kaitannya dengan tugasnya sendiri.

  • 不省人事 ( Bù xǐng rénshì )

Jika kita mencari artinya di google translate dengan terjemahan Mandarin ke Bahasa Inggris, maka akan kita dapatkan bahwa 不省人事 adalah Unconscious yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia adalah bawah sadar tapi jika diartikan secara harafiah adalah tidak menyadari urusan manusia .

Makna dari idiom ini adalah kehilangan kesadaran, karena sakit atau syok, atau mengalami kecelakaan.

Demikianlah beberapa idiom yag di awali dengan karakter 不 (tidak), akhir kata jika ada kesalahan pada penulisan ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya . Saran dan masukan akan sangat penulis butuhkan di kolom komentar sebagai bahan untuk membuat tulisan ini lebih baik lagi .

谢谢, 再见 !

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?