IMG_20150114_190607

Membangun Relasi Positif

Sesuai dengan postingan sebelumnya mengenai Pendidikan Dasar Wirausaha, maka perkenankanlah Penulis menyampaikan ringkasan dari modul 1 yang berjudul Membangun Relasi Positif.

Relasi yang positif ? Mungkin bahasa ini sering kita dengar dalam kehidupan sehari – hari. Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita menyamakan persepsi mengenai pengertian dari Relasi Positif ini. Pernahkah Anda secara tulus menghormati orang lain? Atau memuji orang yang tidak anda kenal dengan tulus? Atau pernahkah Anda bertengkar dengan sangat hebat sehingga menyebabkan permusuhan yang berlarut-larut (Relasi Negatif)? Pernahkah Anda menangis didalam sebuah kisah percintaan? Itulah Relasi dan dinamikanya. Relasi atau Hubungan bisa bersifat positif dan bisa juga bersifat negatif . Relasi Positif  dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan sebaliknya dengan Relasi Negatif.

Contoh Kasus

Seorang Pelajar, Kristin, merasa kurang nyaman dengan kondisi yang terjadi di tempat Bimbel nya. Suasana di tempat Bimbel membuatnya sengsara, karena dia merasa tidak diperhatikan oleh teman-temannya, Instruktur maupun orang-orang disekitarnya. Apa yang menjadi keinginannya seakan terhambat oleh hal ini. Hal ini membuat Ide, Pikiran dan kemampuan Kristin terhambat.

Tentunya Hal yang dialami Kristin ini dapat terjadi oleh teman-teman yang lain. Mungkin ada yang terlihat jelas, bahkan banyak sekali yang tidak terlihat. Seorang Remaja biasanya ahli dalam menutupi masalahnya, akan tetapi masalah seperti ini harus cepat diselesaikan bukan? Lalu bagaimana solusi terbaiknya?  Hal ini akan menjadi masalah juga jika kita menerobos jauh ke dunia kerja nantinya, dapat ditarik kesimpulan bahwa Kristin bermasalah dengan Relasi Positif dengan sekitarnya. Pasti akan membuat kemunduran dalam karirnya. Lebih berbahaya diusia remaja yang penh dengan godaan saat ini.

Hubungan atau Relasi dipengaruhi oleh Rasa Kemitraan dan Saling Percaya

Nah sebelum kita membahas lebih lanjut, cobalah dengan jujur untuk menjawab Essay di bawah ini, dan kirimkan ke e-mail kami  senopatieducationcenter@gmail.com

1. Apakah yang dimaksud dengan Relasi Positif menurut pendapat Anda?

2. Ceritakan Pengalaman Anda dalam membangun sebuah Relasi yang Positif, bisa dengan teman yang kini menjadi sahabat Anda, dengan teman Bimbel Anda, dengan teman Anda di les musik dan sebagainya?

Setelah menjawab pertanyaan ini, pada posting berikutnya kami akan membahas lebih lanjut tentang

Karakteristik Relasi Positif

To be continued 😉

 

 

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.