2019-12-24-03-34-16

Cara membuat Ide menjadi kenyataan

Masih banyak orang di dunia ini yang berpendapat bahwa untuk memulai sebuah usaha harus  memiliki modal berupa uang terlebih dahulu. Pada kenyataannya uang tidak lah menempati peringkat teratas. Ide adalah hal yang pertama sekali menjadi modal. Banyak orang kaya memiliki keterbatasan dalam ide. Tanpa ide maka uang tidak akan bisa dikembangkan bukan? demikian juga sebaliknya. Pasti banyak ide yang terlintas dalam pikiran kita untuk menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Nah, sekarang kami akan mencoba untuk berbagi bagaimana ide kalian bisa mendekati kenyataan.  Siapkan 10 Ide bisnis kalian. Pasti kalian punya ide bisnis lebih dari satu bukan? jangan takut untuk menuangkannya. Setelah itu buatlah skala prioritas dengan tahapan pertanyaan di bawah ini.

Langsung kita mulai ya, semoga bisa menjadi pembelajaran untuk semua dan penulis khususnya. Check it out 😉

  • Tulis Pernyataan Kalian. Hal ini penting sekali untuk menyaring ide mana yang akan kalian mulai terlebih dahulu. Mulailah dengan pertanyaan seperti di bawah ini :
  1. Punyakah kalian kegairahan yang begitu tinggi pada ide ini? Jika terpilih dua atau lebih ide dari 10 yang telah dijabarkan maka ulangi lagi sampai hanya satu ide, jika susah untuk memprioritaskan ide, mulailah dengan pertanyaan lainnya seperti nomor berikut.
  2. Siapa diri kalian dan bagaimana kondisi kalian saat ini? Jujurlah pada diri sendiri, ide manakah yang lebih memungkinkan untuk dilakukan terlebih dahulu. Jika kalian ingin memulai usaha sangkar burung, maka tanyakan kembali apakah kalian memiliki keahlian untuk membuatnya, lalu apakah waktu, kesehatan dan modal awal kalian memadai untuk membuat sampelnya? begitu juga dengan usaha bidang jasa, misalnya kalian ingin membuka kursus, maka pastikan apakah kalian berlatar belakang ilmu yang akan di buka kursusnya? jika tidak apakah kalian memiliki orang-orang yang mampu? dan seterusnya tergantung ide yang kalian pilih.
  3. Apa yang kalian inginkan dalam bisnis ini? Disini kalian bisa mulai memainkan imajinasi kalian, misalnya kalian ingin membuat sarang burung yang tahan akan berbagai cuaca, atau kalian ingin membuat jual beli sarang burung berbasis aplikasi, tinggal pesan, kasih foto langsung jadi dalam beberapa hari, mainkan imajinasi kalian. Jangan membatasinya. Hal yang mengharuskan kalian mengubur imajinasi kalian adalah jika hal itu bertentangan dengan keyakinan Agama kalian.
  4. Apa motivasi kalian untuk memulai bisnis ini? Jujurlah pada diri sendiri, apa motivasi kalian yang paling kuat, misalnya membantu ekonomi dan menyenangkan orang tua, ingin menjadi orang kaya atau mungkin orang biasa-biasa saja, biasa punya mobil 10, perusahaan 20 dan kebiasaan lainnya 😀  Hanya kalianlah yang tahu apa motivasi kalian sebenarnya, tapi yang pasti motivasi itu harus kuat, buatlah yang banyak jika perlu.

Jabarkanlah dalam buku atau agenda. Di era teknologi ini kita juga bisa menyimpan di smart phone. Ide adalah anugerah. Jangan acuhkan, tulis apapun itu, buatlah list atau daftar. Jika kalian sudah mengetahui, bisa atau bahkan sudah terbiasa membuat mind map, maka akan lebih bagus lagi jika Kali an membuatnya. Saat ini banyak aplikasi mind map gratis yang bisa kalian download di play store atau app store. Berikut gambar yang dapat menjadi rujukan kalian dalam membuatnya.

bisnis 1

Banyak teori untuk menjalankan usaha yang telah dijabarkan oleh para pakar, tapi disni penulis akan mencoba mengemasnya bersama pengalaman orang-orang yang telah sukses dibidangnya, orang-orang yang ada di sekitar penulis maupun orang-orang terkenal. Prinsipnya secara garis besar adalah :

Terkadang sebuah ide awal harus dilaksanakan terlebih dahulu untuk mengetahui perkembangan ide-ide lain sesuai kondisi dan fakta yang ada dilapangan. Tantangan utama dari suatu produk adalah sebesar apa kebutuhannya di masyarakat. Jangan takut gagal dan tetaplah berjalan.

Nah, jika kalian masih butuh keyakinan dalam diri untuk memulai ide bisnis yang telah kalian pilih diatas maka langkah-langkah umum yang biasa dilakukan dan dapat kalian jalankan secara sederhana adalah sebagai berikut

  • Deskripsikan Ide Produk/Jasa Anda
  1. Apa ide kalian? Jika sudah dapat dengan langkah-langkah sebelumnya, maka kepertanyaan berikutnya
  2. Apa keunikan ide kalian? Masalah apa yang bisa dipecahkan dengan ide kalian?Apa manfaat yang diberikan         oleh  ide kalian? Semua ide harus mengacu kepada kebutuhan di masyarakat, semakin dibutuhkan maka semakin baik, semakin unik maka semakin menarik.
  3. Apa ide kalian berupa ide baru atau pengembangan yang sudah ada? keduanya baik, kalian hanya perlu memastikan untuk tahapan lebih lanjut.
  4. Jika ide itu berupa produk, sudahkah kalian membuat sketsa atau diagram? atau bisakah mencari orang yang bisa membuatnya?
  • Buatlah Rencana Bisnis Anda atau bahasa yang umum dipakai adalah business plan. Mulailah dari pertanyaan sederhana seperti :
  1. Bagaimana mendeskripsikan konsep operasional kalian? pengerjaan dari bahan baku menjadi bahan jadi misalnya, jabarkan. kenapa? karena semakin bisa kalian membayangkannya maka ide itu semakin mendekati kenyataan.
  2. apakah kalian perlu toko/kantor fisik/toko online/rumah kantor dan lainnya? Hal ini perlu dibayangkan dan tentunya disesuaikan dengan kondisi kalian.
  3. Dimana kalian bayangkan produk atau ide ini bisa  dijual? dimanakah pasarnya?
  4. Apakah kalian butuh staff di awal? Bagaimana Anda memperkejakan staff Anda? Semua tergantung naluri dan intuisi kalian.
  5. Sudahkah kalian membuat anggaran belanja bisnis? Modal awal dalam membuat sampel misalnya, atau mau langsung sewa tempat, usahakan dengan modal yang sangat dan memungkinkan dengan kondisi kalian.
  6.  Bagaimana laporan keuangan operasional Anda? (termasuk proyeksi pengeluaran dan pendapatan). Jangan terlalu lama disni jika kalian memutuskan menjalankan ide bisnis tanpa mitra atau investor, karena dari pengalaman penulis dan apa yang telah banyak diamati, kebanyakan orang akan terlalu lama disini sehingga melupakan langkah sebenarnya yaitu memulai atau mengeksekusi ide.
  7.  Bagaimana pendanaan bisnis Anda? Nah, pertanyaan ini dibutuhkan jika kalian memutuskan untuk mencari rekan bisnis atau investor.
  8. Apa penawaran yang kalian berikan kepada calon investor? Pada prinsipnya Investor akan melihat dari sisi keuntungan atau prospek usaha kedepan. Bisa jadi dalam segi keuntungan awal hanya sedikit, tetapi ada juga investor yang berpandangan jauh kedepan. Pastikan kalian sudah memiliki jawaban itu (Hafalkan!)
  9.  Jika kalian memutuskan untuk meminjam modal maka pertanyaannya adalah apa sumber pinjaman yang mendanai jenis bisnis seperti bisnis Anda?
  • Lakukan Riset Pasar, hal ini juga akan memakan waktu yang lama dan akan membuat kalian ragu melangkah jika dilakukan secara berputar-putar, tegaslah, yang kalian butuhkan adalah secara umum, ingat kalian akan menjalankan ide bisnis bukan belajar manajemen pemasaran 😀 Pertanyaan yang bisa membantu mungkin seperti dibawah ini :
  1. Apa kategori bisnis kalian ? jangan sampai nanti kalian salah kategori seperti jualan sangkar burung kalian samakan dengan jualan burung.
  2.  Bagaimana iklim penjualan terkini untuk kategori bisnis itu? Cari tahu kapan iklim ramainya pasar dan kapan sepinya, setiap usaha memiliki pasarnya sendiri. Disinilah pentingnya kategori.
  3. Adakah produk/jasa serupa yang sudah beredar di pasar? Kalau ada jangan panik, malah ini kesempatan kalian memunculkan ide segar lainnya. Misalnya sudah banyak yang jualan sangkar burung, kembangkan ke imajinasi kalian, apakah sudah ada sangkar burung yang bisa digerakan dengan aplikasi misalnya. Prinsipnya kalau nasi sudah menjadi bubur, maka kasih ayam, maka dia akan menjadi bubur ayam.
  4. Sudahkah kalian riset harga, pengemasan, dan metode penjualan? Semua hal ini bisa kalian browsing, jadi jangan berlama-lama disini.
  5. Apakah pasar bagi produk/jasa kalian?
  6. Siapa pelanggan potensial kalian? Berapa usia mereka? Dimana mereka tinggal? Apa produk/jasa jenis lain yang mereka beli?
  7. Sudahkah kalian membaca segala hal mengenai bagaimana memulai bisnis menjadi produk/jasa, dan tetap menjaga akal sehat Anda. Teori-teori dibuat di buku adalah berdasarkan pengalaman orang-orang terdahulu, jadi akan salah besar orang yang mengabaikan teori. Permasalahannya adalah kalian jangan membuat teori itu menjadi teori lagi dengan menunda-nunda waktu eksekusi ide bisnis kalian.
  • Luncurkan website dan kolaborasikan dengan media sosial kalian. Zaman sekarang sangat penting kalian untuk mempunyai website. Berapa pentingnya website?  kalian bisa melihat tulisan kami sebelumnya dengan judul Webdesign  Pertanyaannya disini adalah :
  1. Akankah kalian menjual produk atau jasa secara online? Atau hanya beriklan saja? Jika kalian memutuskan untuk beriklan saja, maka kalian bisa memasukan iklan ke media sosial seperti google, facebook, twitter, instagram dan lainnya. Sedangkan untuk menjual produk sendiri secara online atau langsung berarti kalian harus rajin memaksimalkan postingan, informasi dan lainnya ke berbagai media melalui website dan media sosial kalian.
  2. Punyakah kalian operator atau ahli webdesign  untuk membuat website? Dewasa ini membuat website sudah semakin mudah, kalian cukup mengumpulkan kemauan dan fokus untuk browsing caranya di internet. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi. Jika kalian merasa tidak punya waktu atau butuh mitra untuk itu silahkan hubungi hotline kami.
  3.  Sudahkah kalian memilih dan mendaftar nama domain yang konsisten (sama) dengan nama perusahaan kalian? Hal ini penting untuk mengunci nama merk produk kalian. Disamping itu kalian juga bisa mematenkan dan mengenalkan logo kalian ke orang banyak.
  • Saatnya mengembangkan sayap bisnis kalian
  1. Sudahkah kalian menguji ide bisnis kalian pada teman-teman dan keluarga? (pastikan untuk menyimpan catatan respon mereka) hal ini bukan saja berguna sebagai bahan acuan kalian, akan tetapi juga sebagai testimoni buat perusahaan kalian nantinya.
  2.  Kalian juga harus menguji produk atau jasa kalian kepada lingkungan , misalnya pameran, kegiatan sosial, pasar murah, dan lainnya).
  3. Kalian juga harus mencari mentor. Tidak perlu kenal akan tetapi bisa menginspirasi kalian dalam kehidupan sehari-hari dan menjalani bisnis.
  4. Di media sosial kalian juga bisa secara aktif memasuki grup-grup yang sesuai dengan ide bisnis kalian. Di sana kalian bisa berekspresi dan berbagi satu sama lain.
  5. Kalian juga bisa menulis di kolom-kolom media online seperti kompasiana dan lainnya. Ingat disni kalian jangan  menyebar link secara sembarangan. Cerdaskan calon pelanggan kalian, beri informasi yang banyak kenapa produk kalian dibutuhkan, jika kalian suka menulis maka kalian bisa membuat postingan menarik yang berhubungan dengan ide kalian.
  • Saat nya menancapkan ide bisnis kalian secara resmi
  1. Sudahkah Anda mengajukan perlindungan merk dagang, hak cipta, dan hak paten? Jika ide kalian memang unik, kenapa tidak?
  2. Sebelum hak paten tentunya adalah badan usaha yang ingin kalian pilih, pelajari dan tentukan yang sesuai dengan ide kalian.
  •  Saatnya menjadi Public Speaker yang baik. Apa itu public speaking? dan seberapa pentingnya dalam ide bisnis kalian?  kalian dapat melihat tulisan kami sebelumnya di judul Public Speaking

Pada prakteknya, jangan menyerah dan sesuaikanlah penjabaran umum diatas, dengan kondisi lingkungan Anda. Gunakan prinsip A.T.M yaitu :

  1.  Amati : Setiap bisnis yang berkembang dewasa ini, lihat prospek dan kelemahannya lalu pelajari.
  2. Tiru : Sesuaikan hal yang positif untuk bisnis Anda dan perbaiki kekurangannya.
  3. Modifikasi : Jadilah diri Anda sendiri dalam mengembangkannya. Modifikasi dengan gaya Anda sendiri.

Berikut gambar yang bisa mewakili sebagai acuan buat kita semua :

2019-12-24-01-31-05

Demikianlah tulisan ini kami buat, semoga bermanfaat tentunya. Masukan, saran serta kritikan tentunya akan sangat dibutuhkan agar tulisan ini lebih baik dan bermanfaat lagi. Jadi jangan ragu untuk menuliskan di kolom komentar. Jika ada tulisan atau maksud yang salah, maka penulis minta maaf yang sebesar-besarnya. Salam sukses untuk semua.

 

Best Regards

Tim SEC

Comments

  • Sutan
    Reply

    aplikasinya susah nggak?

    • sec

      Maksudnya aplikasi mind map nya ya, coba aja search di app store atau play store free mind map

  • Rdpw
    Reply

    Mantab

    • sec

      Thanks brother, kapan kita bisa bertemu nih untuk membahas ide selanjutnya.

  • alex sengaji
    Reply

    mantaappp braderr

    • sec

      Waaah, makasih big bro, semangattttss Bang!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.