Persiapan Ujian Nasional 2020 dan Virus Corona

#salampintar!

Virus Corona ternyata juga mengiringi Ujian Nasional dengan format terakhir di Indonesia. Jangan khawatir sobat, semua penyakit pasti ada obatnya, hanya saja sampai saat ini belum ditemukan obat yang tepat. Sejarah dunia dari zaman purba juga telah menegaskan bahwa wabah-wabah seperti ini akan terus mengisi bumi dan setiap wabah itu tercatat terjadi karena kebodohan umat manusia sendiri. Wabah-wabah yang pernah ada dan pada saat itu belum diketahui obatnya bisa kalian lihat pada link yang kami dapat dari IDN News = 10 pandemik mematikan sepanjang sejarah

Bagaimana dengan Virus Corona?
Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Pasti banyak sobat pintar yang sudah mengikuti beritanya kan? Sekedar mengingatkan kembali boleh dong, begini cara pencegahannya, gejala-gejala dan kapan harus melapor ke pusat kesehatan yang telah ditunjuk pemerintah :

Karena sudah ada penderita atau terduga orang yang terkena virus ini di Indonesia, kita mulai dari gejalanya terlebih dahulu  :

Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:
Demam
Batuk
Sesak napas
Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

wabahKarena sudah masuk ke Indonesia, sebaiknya sobat pintar, jika ada gejala ini tentunya harus memakai masker agar tidak menular ke orang lain ( sebelum ada gejala akan lebih baik lagi), dari gejala diatas, jelas immunitas tubuh sangat dibutuhkan, maka sangat dianjurkan bagi kita untuk hidup sehat, banyak minum vitamin, tidur cukup, olah raga dan kurangi aktifitas yang berhubungan dengan banyak orang, seperti menonton pertandingan olahraga, ke mall (bagi yang suka nongkrong atau cuci mata lihat berbagai sale terbaru neh, hehehe). Pastinya akan sangat baik sambil melihat gejala-gejala ini pada tubuh kita, langsung saja ke pusat kesehatan yang ditunjuk pemerintah untuk memastikan. Ingat Virus Corona bukanlah aib, tidak perlu ditutup-tutupi, wabah ini mencakup seluruh dunia, mulai dari artis dan orang penting lainnya juga ada yang tertular koq.Jangan sekali-kali malu untuk melapor, bahkan dengan kalian sigap melapor atau hanya cek kondisi kalian akan sangat menolong orang banyak.

Nah, pertanyaan yang kedua ini mewakili pertanyaan yang pertama juga loch 😉

Idealnya, jika kalian  mengalami gejala infeksi virus Corona (COVID-19) seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari negara-negara yang terdampak, seperti Cina, Italia, Inggris dan lainnya (bisa kalian lihat di berita-berita berbagai media), kalian harus cepat mengambil tindakan pribadi dengan kesadaran penuh ke Rumah Sakit terdekat, ingat keselamatan orang banyak ada di tangan kalian.  Di Rumah Sakit bagian mananya Mas? ke dokter apa? (mungkin ada diantara kalian y6ang bertanya seperti itu).  Terinfeksi virus Corona harus segera dirujuk ke IGD  rumah sakit terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

Pada saat seperti ini tepatnya ketika sang virus telah memasuki Indonesia dengan massif maka sebaiknya untuk cek kesehatan ketika kalian mengtalami flu jangan menunggu sampai 2 minggu, langsung saja periksa ke IGD ya gaes!

Sekarang apa penyebabnya? Pertanyaannya kita balik ya mengingat virus ini telah masuk Indonesia.

Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Dugaan yang paling mendekati dewasa ini adalah   virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Kelelawar adalah salah satu pembawa (carrier) nyata virus ini loch.  Namun, saat ini telah diketahui dan kita rasakan bersama  bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

Cara penularan dari manusia ke manusia dapat melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19.
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Sampai sini tentunya #sobatpintar bertambah yakin dong apa yang harus  dilakukan untuk mencegah atau minimal membantu mengurangi massifnya virus ini?

Kembali ke masalah Ujian Nasional (UN) yang semakin dekat waktunya saat ini, berbagai daerah telah meliburkan kegiatan pembelajaran di sekolah, bahkan kegiatan di berbagai Unversitas telah diakukan seccara online. Tentunya wacana untuk melakukan Ujian Nasional secara Online pun adalah sesuatu yang sangat memungkinkan untuk dilakukan. Show must go on! pendidikan tetap harus berjalan bukan?

Screenshot_2020-02-27-13-41-18-157_com.android.chromeSenopati Center melalui website ini dengan hastag #pintaritugratis akan tetap setia untuk menemani kalian dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) di tengah-tengah serangan virus ini.  Website ini adalah wadah belajar online interaktif yang dilengkapi dengan berbagai media pengajaran dan live chat yang mudah sekali. Apa yang harus kalian lakukan di sini?

  1. Kerjakan soalnya
  2. Lihat hasil yang kalian dapatkan
  3. Lihat pembahasan yang tersedia
  4. screenshoot (screencapture) soal yang kalian tidak mengerti, bahas bersama kami melalui live chat yang ada
  5. Website ini juga ada menu Live teaching di sini kalian dapat melihat video tutorial, baik materi maupun tips soal dan pembahasan. Kalian bisa langsung tanya jawab secara live di sini
  6. Kelas Online secara realtime dapat kalian lakukan dengan menghubungi hotline kami!

Langsung saja kita mulai ya, untuk kakak-kakak yang SD kelas 6 dulu nih 😉

/35
0 votes, 0 avg
10

Perhatikan Timer nya ya, usahakan jawaban maksimal per soalnya 3 menit, di bawah itu akan lebih oke lagi, yang penting teliti!

Perhatikan Timer nya ya, usahakan jawaban maksimal per soalnya 3 menit, di bawah itu akan lebih oke lagi, yang penting teliti!


Latihan Ujian Semester 2 Matematika kelas 7

Latihan Persiapan UN IPA SD 2020

Klik START untuk memulai!

Kenalan dulu dong, biar enak bahasnya 😉 Kalau malu masukin nama saja boleh koq 😀

1 / 35

Category: Uncategorized

Ketika ibu menyusun gelas, tanpa sengaja gelas yang kecil masuk ke dalam gelas yang
besar.Ibu ingin mengeluarkan gelas kecil tersebut, tetapi tidak bisa. Lalu Ibu memasukkan
gelas besar ke dalam air panas. Setelah beberapa menit, ibu kembali mencoba mengeluarkan
gelas yang kecil. Akhirnya gelas yang kecil dapat dikeluarkan dari gelas yang besar.
Kesimpulan yang dapat diambil dari peristiwa tersebut adalah....

2 / 35

Category: IPA SD

Sebuah bioma didominasi oleh batu dan pasir, memiliki curah hujan yang sangat rendah yaitu kurang dari 250 mm/tahun. Keadaan tanahnya sangat tandus dan tidak dapat menyimpan air. Perubahan suhu yang sangat ekstrim yaitu mencapai 60˚C pada siang hari dan 0˚C pada malam hari. Air tanah yang tersedia cenderung berasa asin karena mineral garam tidak mengalami pencucian oleh drainase maupun air
Jenis tumbuhan yang dapat beradaptasi pada bioma tersebut adalah ….

3 / 35

Category: Uncategorized

Andi sedang menikmati kehangatan dari api unggun yang dia nyalakan. Perpindahan kalor
yang membuat Andi merasa hangat adalah ....

4 / 35

Category: IPA SD

Perhatikan pernyataan berikut!
1. Berternak kambing
2. Pembangunan perumahaan
3. Menjala ikan di sungai
4. Penggunaan pupuk petisida yang berlebihan

Berdasarkan pernyataan diatas, kegiatan manusia yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan  ditunjukkan oleh

5 / 35

Category: IPA SD

Tumbuhan xerofit adalah tumbuhan yang beradaptasi dengan lingkungan kering. Sedangkan, tumbuhan hidrofit adalah tumbuhan yang beradaptasi pada lingkungan perairan. Pasangan yang tepat antara adaptasi tumbuhan xerofit dan hidrofit adalah

6 / 35

Category: Uncategorized

Pernyataan yang benar berdasarkan tabel di atas adalah ….

7 / 35

Category: IPA SD

Sumber listrik yang terdapat pada pusat pembangkit energi listrik adalah ….

8 / 35

Category: IPA SD

Tumbuhan diatas berkembang biak dengan cara

9 / 35

Category: IPA SD

Perhatikan urutan berikut :

telur - - larva - - pupa - - hewan dewasa

Hewan yang mengalami daur hidup seperti urutan adalah :

10 / 35

Category: IPA SD

Persamaan yang dimiliki kedua hewan tersebut dalam melindungi diri dari musuhnya adalah

11 / 35

Category: IPA SD

Planet yang ketika pagi hari saat matahari terbit selalu terlihat di sebelah timur adalah ….

12 / 35

Category: Uncategorized

Urutan sistem peredaran darah kecil pada gambar di atas adalah....

13 / 35

Category: IPA SD

Susunan yang terdiri dari matahari dan benda-benda langit lainnya yang mengelilingi matahari
sebagai pusatnya adalah ….

14 / 35

Category: Uncategorized

Bentuk kaki burung yang berfungsi untuk mencengkeram mangsanya ditunjukkan oleh gambar nomor....

15 / 35

Category: Uncategorized

Kasus Ilegal Loging (pembalakan liar) marak terjadi di daerah Sumatra dan Kalimantan, jika dibiarkan maka dapat berdampak serius bagi masyarakat dan lingkungan seperti terjadinya banjir bandang yang beberapa waktu lalu terjadi di daerah Mandailing Natal Sumatra utara, global warming, punahnya flora dan fauna dll, berikut ini yang tidak termasuk upaya untuk melestarikan hutan adalah...

Jawaban = B

Pembahasan:
Stop kontak= untuk memutus dan menyambungkan arus listrik
steker= mengalirkan listrik ke perangkat lain dengan cara menancapkan jack kedalamnya
fiting= untuk tempat lampu dipasang
sakelar= untuk memitas dan menyambung aliran listrik
sekring= untuk pengaman jaringan listrik
meteran listrik= untuk mencatat pemakaian listrik

16 / 35

Category: IPA SD

Alat yang berfungsi untuk memutuskan arus ketika terjadi korsleting adalah ….

17 / 35

Category: IPA SD

Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak bersahabat. Salah satu akibatnya terjadi gelombang tinggi dibeberapa pantai yang menyebabkan terjadinya abrasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah

18 / 35

Category: IPA SD

Perhatikan rangkaian listrik berikut! Jika bola lampu C diputus, maka….

19 / 35

Category: IPA SD

Pada suatu ekosistem hutan, rusa banyak diburu, keadaan yang terjadi pada ekosistem tersebut adalah

20 / 35

Category: Uncategorized

Dari gambar yang merupakan gerhana cincin adalah ….

21 / 35

Category: IPA SD

Selaput yang ada pada lengan katak berfumgsi untuk :

22 / 35

Category: Uncategorized

Jika gaya kuasa adalah F, berat balok yang akan dipindahkan adalah W dan
besar F adalah sama, maka tuas yang memerlukan gaya kuasa paling besar
sampai dengan yang paling kecil berturut-turut adalah…

23 / 35

Category: IPA SD

Gajah melakukan aktivitas berkubang  bertujuan untuk….

24 / 35

Category: IPA SD

Dalam rangka mempertahankan hidupnya, hewan dapat dilakukan dengan adaptasi. Salah satu bentuk adaptasi hewan diantaranya melindungi diri dari pemangsa. Hewan yang beradaptasi dengan cara yang sama adalah

25 / 35

Category: Uncategorized

Cara perkembangbiakan tumbuhan seperti pada gambar  adalah

26 / 35

Category: IPA SD

Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi lain. Kelompok alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak adalah ….

27 / 35

Category: IPA SD

Pada saat pemakaian akumulator terjadi perubahan .…

28 / 35

Category: IPA SD

perhatikan bentuk-bentuk hubungan makhluk hidup di bawah ini !

  1. Tanaman anggrek dengan tanaman mangga.
  2. Cacing perut yang hidup di dalam usus manusia.
  3. Badak dengan burung jalak.
  4. Tali putri dengan tanaman beluntas.
  5. Tanaman mawar dengan kupu-kupu.

Hubungan antar organisme yang saling menguntungkan ditunjukkan oleh nomor....

29 / 35

Category: Uncategorized

Gas-gas beracun dari kendaraan bermotor dan industri mengakibatkan pemanasan global dan hujan asam, sehingga lapisan ozon semakin menipis dan berlubang dan dapat mengakibatkan...

30 / 35

Category: Uncategorized

Hewan di atas dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, karena memiliki persamaan, yaitu....

31 / 35

Category: IPA Fisika-Biologi SMP

Konsumen tingkat II diunjukkan oleh nomor :

32 / 35

Category: Uncategorized

Anna menderita suatu penyakit yang menyebabkan kadar trombosit dalam tubuhnya kurang dari jumlah normal dan terdapat bintik-bintik merah di kulitnya. Penyebab penyakit yang diderita Anna adalah....

33 / 35

Category: IPA SD

Sobekan-sobekan kecil dari kertas tertarik oleh penggaris plastik setelah digosok-gosokkan
pada rambut kering sebab penggaris memiliki ….

34 / 35

Category: IPA SD

Keberadaan pohon nangka di wilayah Semarang semakin berkurang. Penyebab berkurangnya tumbuhan tersebut adalah ….

35 / 35

Category: IPA SD

Perhatikan pernyataan berikut!
1. Matikan lampu jika tidak dipakai
2. Gunakan lampu bohlam
3. Matikan tv dan radio saat tidur
4. Matikan lampu ketika mau makan
Pernyataan yang tepat untuk melakukan penghematan energi adalah .…

Your score is

The average score is 72%

0%

 

Mau yang lain?

  • Untuk try out persiapan UN lainnya, sesuai dengan jenjang yang kalian tempuh, lengkap dengan pemahasan diakhir soal dan berisi ribuan soal, silahkan langsung ke link : try out online gratis!
  • Kelas Online yang dapat kalian ikuti beserta penjelasan-penjelasan yang dilengkapi dengan soal pembahasan, try out online, langsung tanya jawab dengan mudah dan real time, langsung saja ke link : Bimbel Online Interaktif
  • Tanyakan ke hotline kami (whatsapp) jika kalian mengalami kendala dalam mengaksesnya 😉

Tetap semangat ya gaes! sampai bertemu lagi secepatnya!

businesscard12_1_102423

 

 

 

 

 

Comments

  • alex sengaji
    Reply

    mantappp, thx SEC !

    • sec

      sama-sama dengan senang hati, semga wabah ini cepat berlalu dan menjadi hikmah yang terbaik untuk kita semua — Aamiin yaa Rabb

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?