Permainan Tradisional – Cara asyik Belajar bersama Keluarga #dirumahaja tanpa stress bagian 3

Hi #sobatpintar dan #bestparents

Perkembangan teknologi telah banyak membuat permainan tradisional di Indonesia semakin tenggelam atau bahkan terpuruk (tidak dikenal lagi oleh anak zaman sekarang). Padahal, permainan-permainan tradisional ini penuh dengan semangat persatuan, murah meriah atau bahkan ada yang tidak mengeluarkan biaya sama sekali, membuat tubuh menjadi sehat, melatih fokus dan masih banyak manfaat positif lainnya.

Pada masa pandemi wabah covid-19 yang masih terasa ini, pilihan untuk menjalankan aktivitas dirumah, walaupun terasa berat tetap menjadi sebuah pilihan yang pada akhirnya kita pilih. Stress, letih atau bahkan depresi dalam menjalankan aktifitas kerja dirumah sering menjadi keluhan disamping masalah pemenuhan kebutuhan ekonomi. Untuk itu kita harus memaksakan waktu untuk relaksasi agar fresh (segar) dalam berfikir.

Nah, permainan tradisional dapat menjadi ajang kebersamaan, olahraga, refreshing bagi semua anggota keluarga loch. Salah satunya adalah Dampu. Ayo siapa yang tahu? atau (bagi angkatan tempo doeloe) pertanyaanny menjadi Siapa yang masih ingat? ๐Ÿ˜€ Yuksss kita lihat video di bawah ini agar tahu dan ingat kembali permainan macam apa ini ๐Ÿ˜‰

Bagaimana? Nah kalau mau karpet permainan ini sekaligus dengan games lainnya bisa juga langsung ke #senopaticenter koq, hubungi saja langsung hotline kami ya ๐Ÿ˜‰

Bagi yang belum tahu cara mainnya, check it out :

  1. Perhatikan gambar pada Dampu, bagi yang ingin berhemat bisa menggunakan kapur untuk menggambarnya di lantai koq, jika malas bisa juga memesan dengan kami, dijamin murah meriah ๐Ÿ˜€
  2. Bagi yang memilih untuk menggambar maka petak-petaknya harus cukup lebar untuk memuat sebelah kaki dan untuk memastikan bahwa batu yang dilempar ke dalam bidang perseginya, tidak akan memantul keluar dengan mudah. Terdapat beberapa variasi dalam menggambar petak permainan.
  3. Menetapkan bagian bertuliskan “10”, sebagaimana yang ditunjukkan di sini, sebagai Area istirahat atau berhenti merupakan sesuatu yang umum. Di sinilah pemain dapat berhenti sejenak untuk berbalik dan/atau mendapatkan kembali keseimbangannya. Ruang itu kadang dinamai dengan nama yang lebih kreatif, seperti “Surga”
  4. Lemparkan sebuah batu kecil atau benda lain yang serupa (Jika Anda membeli perangkat ke kami, maka semua sudah tersedia) hingga mendarat pada petak satu. Batu kecil tersebut harus mendarat di dalam area persegi tanpa menyentuh garis batasnya atau terpental keluar. Jika tidak berhasil melemparkannya dalam garis batasan, maka Anda kehilangan giliran dan meneruskan batu tersebut pada orang berikutnya. Namun jika Anda berhasil, maka lanjutkan ke langkah berikutnya. Dampu dapat dimainkan seorang diri. Jika memang demikian, silakan membuat peraturan Anda sendiri!
  5. Melompatlah melewati petak-petak yang ada dengan mengabaikan petak tempat penanda Anda berada. Setiap petak segi empat dilompati satu kaki. Dengan kaki sebelah mana Anda ingin memulai, itu terserah Anda. Anda tak bisa menjejakkan lebih dari satu kaki di tanah pada satu kali kesempatan, “kecuali” ada dua petak persegi bertuliskan angka yang terletak bersebelahan. Jika demikian, Anda dapat menjejakkan dua kaki sekaligus (masing-masing kaki pada satu bidang persegi). Selalu jejakkan kaki Anda pada petak persegi yang tepat; jika Anda menginjak garis atau melompat pada petak yang salah, atau melangkah keluar petak, Anda kehilangan giliran.
  6. Pungut penanda saat Anda kembali. Ketika Anda sampai pada nomor terakhir, berbaliklah (tetap dengan satu kaki) dan melompatlah balik dengan urutan terbalik. Saat Anda berada di petak yang terletak tepat sebelum tempat penanda Anda berada, membungkuklah (kemungkinan masih dengan bertumpu pada satu kaki!) dan pungutlah penanda itu. Kemudian, lewatkan petak itu dan selesaikan giliran kamu.
  7. Oper penanda tersebut pada orang berikutnya. Jika kamu berhasil menyelesaikan giliran kamu dengan penanda pada petak satu (dan tanpa kehilangan giliran), maka lemparkan penanda kamu ke petak dua pada giliran berikutnya. Tujuan kamu adalah menyelesaikan seluruh jalur permainan dengan penanda pada tiap-tiap petak. Orang pertama yang berhasil melakukan ini memenangkan permainan!

Best regard

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Ada yang bisa kami bantu?