Slide624

Tips dalam Menghadapi UN untuk SD dan SMP

Dear all

UN atau UASBN atau apapun namanya ternyata tidak menyeramkan seperti yang banyak sahabat perkirakan. Ibaratnya ujian adalah sesuatu yang pasti akan dihadapi oleh siapa saja. Bukan hanya siswa/i, orang dewasa pun ternyata sering menghapai ujian loch, ujian dalam menghadapi potongan di saat gajian misalnya (colek orang dewasa) . Lebih berat loch ujian yang itu. Kakak-kakak kamu juga sering ujian, bahkan mereka sudah terbiasa loch. Jadi tidak perlu khawatir apalagi stress.

Nah, Tim SEC akan ¬†berbagi tips, biar gak stress, dijalanin deh, daripada cuman pasrah menghadapi nasib ūüėÄ

MomentCam_20150101_0133263

1. Luruskan Niat serta Kuatkan Mental

Banyak luput dari kebanyakan siswa/i. Dewasa ini masih banyak diantara kita yang tidak memiliki tujuan ¬†jelas.¬†Sekolah hanya asal sekolah saja. Yang penting masuk sekolah,tiga tahun kemudian mendapat ijazah. Seharusnya, niatkanlah bahwa sekolah adalah untuk mendulang ilmu yang bermanfaat. Ujian Nasional / UN ?? ¬†UN adalah¬†ajang evaluasi, daripada gak di evaluasi huayoo? ¬†hanya belajar saja, kan bete. Bayangin coba setiap hari¬†hanya belajar terus, ibaratnya kalau main game kayak DOTA / COC gak naik-naik levelnya. Maka dari itu, ¬†kuatkan mental kita, luruskan niat kita. Ujian ini harus dihadapi. Apalagi kita sudah mengerti sekarang ¬†fungsinya kan? buat naik level.Biar ada “warna”¬†dalam kehidupan kita.

Intinya,kuatkan dulu mentalmu !!!
Gak perlu takut dengan UN dan ingat bahwa:
“Ujian Untuk Menuntut Ilmu Bukan Menuntut Ilmu Untuk Ujian”

Gak ada Ujian , Gak usah hidup dong ūüėÄ

2.  Memahami SKL atau Kisi-kisi UN, Ikut Bimbel / Ikut Bimbel Online serta Latihan

Waktu tinggal sebentar lagi . Kurang efektif rasanya jika kamu harus membaca semua buku tebal yang seabrek-abrek (buanyaak)  :D, atau yang pernah dipelajari dari semester awal pertama masuk ke sekolah sampai sekarang.

Fahami saja SKL atau kisi-kisi yang sudah diterbitkan oleh BSNP, naah tanya deh ke guru bimbel kamu atau guru di sekolah di bagian mana Kamu yang belum faham, paksa beliau ¬†kalau perlu jika kamu masih belum mengerti, percayalah, Guru Bimbel kamu akan sangat bahagia kalau kamu mengerti ¬†ūüėÄ , Patuhi Guru Bimbel kamu, jangan ngeyel alias keras kepala ¬†kalau di kasih Tips dan Trick menghadapi UN ( koq jadi curhat saiya y , wkwkwkwk ūüėÄ )

Untuk pelajaran seperti Fisika / Matematika / Biologi. ¬†Percayalah kalau soalnya itu-itu saja, cuman kompilasi/gabungan soal dari tahun ke tahun. ¬†Sangat¬†bagus¬† lagi kalau kamu membuat rangkuman materi dari kisi-kisi tersebut. Contohnya , Fisika , buat Rangkuman Rumus- Rumusnya, kalau malas? Langsung kerjain soal- soalnya dengan panduan rumus itu, buat yang rapih dalam buku khusus. ¬†Ya paling tidak kamu bisa foto copy rangkuman milik teman, download dari internet atau membelinya di toko buku. Begitu juga dengan materi lainnya. Kalau mau gratis, disini saja ūüėČ

3. Buat Jadwal Belajar, dan konsisten dengan Jadwal

Buat kamu para juara,pasti belajar mah sudah biasa ya. ¬†Membaca, mengerjakan PR, membuat rangkuman atau menghafal merupakan bagian dari belajar.¬†Tapi untuk sekarang, kamu perlu sesuatu yang lebih dari sekedar belajar.Kamu perlu membuat jadwal belajar yang lebih baik. Berikan alokasi waktu yang lebih untuk pelajaran yang kamu anggap sulit.Dan…. KONSISTEN.

Bagi yang malas, tidak ada kata terlambat. Jadikan semangat membara.Tidak ada yang tidak mungkin di Dunia ini.  Tetapi ikuti Tips di atas ya. Jangan Lupa ikut BIMBEL / BIMBEL ONLINE  di SEC. ( loch, koq jadi promosi, hehehe).

 

belajar

4. Berdoa dan Minta Restu Orang Tua 

Semua yang diatas penting, tetapi yang utama adalah Ibadah dan Doa serta usaha. Selain berusaha dengan belajar, jangan lupa untuk berdoa, berdoa tanpa ibadah sama aja bohong dong, apalagi tanpa usaha. Maka dari itu rajin-rajin ibadah. Dan satu lagi sebelum berangkat ke sekolah jangan lupa pamitan dan minta restu dari orang tua.

Nanti kita lanjutkan ya, Tips yang ini di Jalani dulu, jangan cuman di baca¬†ūüėÄ

Best Regards

SEC Management

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.