belajar-efektif2

Educational games di kelas ke 6

Sebelum kami mulai, kembali kami ungkapkan bahwa keuntungan dan kegunaannya educational games  pada pembelajaran kita antara lain :

1. Mengendalikan kelas yang mulai jenuh ( ICE BREAKING )
2. Mengembalikan fokus siswa ke topik pembelajaran
3. Membantu dalam hal Penguasaan Kelas oleh sang Pengajar tanpa Marah yang tidak perlu
   kepada Siswa ataupun Audience
Mungkin untuk siswa SMU ke atas akan lebih mudah, dikarenakan tingkat kesadaran akan belajar yang lebih tinggi dibandingkan anak SMP ke bawah.  SENOPATI CENTER akan mencoba menjabarkan satu per satu, posting demi posting tentang penerapannya sebagai bantuan Para Pengajar untuk menerapkannya sesuai situasi dan topik yang sedang diajarkannya kepada Siswa/i.
Permainan yang satu ini akan kami namakan :
SNIPER (PENEMBAK JITU)
Tujuan ( Goals ) Di balik permainan ini, terdapat beberapa tujuan, diantaranya 

1. Melatih konsentrasi anak Melatih kejelian anak
2. Melatih tanggung jawab anak.

Waktu Permainan (  Times )
± 20 – 30 menit.Sistem Permainan ( System of the Games )

Perorangan

Usia Pemain ( Player’s Age )

≥ 7 Tahun

Tempat Bermain ( Place )

Dalam Ruangan

Alat-alat Permainan ( Tools )
Ada beberapa alat atau bahan yang perlu dipersiapkan, yaitu :
“Panah” atau “Senapan” ( Bola Pingpong atau tenis )
Beberapa gambar hewan atau boneka-boneka hewan. ( Tergantung dari Daftar Kosa Kata yang akan diberikan oleh sang Pengajar )

Rekaman Suara Objek ( Sound ) seperti Horse, Snake, Tiger, Hens ( untuk Bahasa Inggris ), Rekaman ini menyesuaikan dengan yang akan diajarkan sang pengajar, bisa Bahasa Mandarin, Korea dan lainnya, ataupun kosa kata lain seperti benda di kelas, anggota tubuh, warna dan lainnya )

Cara Bermain ( Role Play )
Perhatikanlah cara berikut :
Setiap pemain diberi lima buah bola pingpong atau tenis
Tugas mereka adalah melempar gambar atau boneka hewan ketika mendengar suara hewan yang dimaksud dari Tape/VCD/ CPU / suara orang yang diberi tugas
Pemain melempar secara bergiliran dan mendapatkan kesempatan sebanyak 5 x dari setiap pemain

Pemain yang mampu melempar tepat sasaran paling banyak, diberi reward yang telah disediakan. Untuk Reward bisa berupa Point seperti yang dilakukan di i-tutor Citra Raya, ( Lihat POsting sebelumnya mengenai Kidpreneur/IQ dan EQ )

Pada Postingan berikutnya akan kami jabarkan lebih banyak lagi mengenai hal ini, Pada Prinsipnya Games Education dapat diberikan kepada siapa aja dengan mengikuti usia Siswa, Kebutuhan dan Situasi/suasana Pembelajaran.

TIPS : 
1. Be Yourself no matter what They say ( Jangan tiru gaya orang yang Anda lihat telah melakukan
Games ini atau yang sejenisnya, Jadilah diri Anda sendiri, semakin luwes Anda melakukannya
maka akan semakin Sukses Anda menerapkannya )
2. Variasikanlah Games ini untuk apapun bidang yang Anda ajarkan.
3. Berikan aturan games ( Role Play ) terlebih dahulu dengan singkat, jelas dan engan Bahasa yang
siswa/audience Anda mengerti.
4. Jangan melakukan hal/gerakan/perkataan yang monoton, Contohkan ke Siswa/Audience akan
lebih baik


Nantikan POstingan Kami berikutnya, Come and Join With Us
Thanks all
cinema-edutainment

 

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.