Tips memasuki Studio Rekaman

Memasuki Studio Rekaman adalah hal penting bagi para musisi baik berupa Band, Solo dan lainnya. Tentunya bagi kalian yang telah memulai mebuat lagu kalian sendiri akan dengan senang hati dn teramat mau untuk memulai merekam lagu kalian 😉 . Pada sesi kali ini kita fokus pada persiapan kalian memasuki Studio Rekaman, apa sajakah yang perlu kalian persiapkan? Untuk sesi bagaimana membuat lagu yang bagus akan kita bahas pada sesi berikutnya 🙂

A. Persiapan Sebelum memasuki Studio Rekaman 

Persiapkan materi lagu yang akan kalian rekam terlebih dahulu. Persiapan ini meliputi :

1. Komposisi dan Materi Lagu

Artinya Musik secara keseluruhan, mulai dari lyric, aransement, intro, bait, reff dan ending. Hal ini juga meliputi keseluruhan personil jika format kalian adalah band, seperti Drum, Bass, Keyboard, Gitar, dan lainnya sesuai dengan yang kalian inginkan. Buat pakemnya, artinya kalian harus berlatih terlebih dahulu sampai mendapatkan komposisi yang pas. Tidak usah terburu-buru memasuki Studio Rekaman, karena dewasa ini begitu banyak program aplikasi home studio yang dapat kalian gunakan untuk mendapatkan komposisi yang pas untuk lagu yang akan kalian rekam 😉 sebut saja Nuendo, Frutty loop dan lainnya. Aplikasi ini akan kita bahas pada sesi lain. Kenapa harus demikian? Jawabannya adalah banyak kasus dimana sebuah Band ketika masuk Studio Rekaman malah lupa dengan materi mereka sendiri, seperti lyrics yang berubah-rubah setiap take, ending yang tidak kompak, ketukan / tempo  berantakan dan sebagainya. Hal ini akan memperlambat proses pembuatan lagu. Contoh jika kalian menyewa Studio Rekaman dengan harga 1 sewa 1 shift adalah 7 jam, anggap saja harga per shiftnya 500 ribu, dengan banyaknya pengulangan seperti drum yang sering salah, bass juga, sampai ke vokal, maka kemungkinan kalian baru bisa menyelesaikan 1 lagu pada shift ke 3 🙁  sayang kan?? . Hal tersebut bisa menguras energi, fokus, sampai ke keuangan Band loch. Jangan jangan sungkan berlatih. 

2. Mulailah berlatih dengan Metronome dari sekarang!!

Tempo sangat penting dalam sebuah lagu!! dan itu tanggung jawab dari seorang drummer serta personil lainnya. Lagu yang bagus, bahkan sangat bagus akan jelek dengan tempo yang berantakan. Alat bantu kalian untuk mengatasinya adalah metronome!!

images (1)  images (2) TERAKHIR

Mulai lah dari sekarang, artinya kalian harus punya alatnya, minimal metronome sederhana. Bawa ketempat kalian berlatih / studio Band. mulai lah bermain dengan tempo. Bukan hanya lagu kalian sendiri, tetapi juga lagu orang yang biasa kalian bawakan. Percayalah, hal ini akan sangat membantu kalian di Studio Rekaman.

Contoh penggunaan Frutty Loop untuk mencari pakem lagu yang siap di bawa ke studio rekaman ada di video youtube di bawah ini. Coba kalian tebak dimana take vokalnya??

Take vokalnya di kamar mandi 😀

Cukup hemat untuk menetapkan materi lagu. Naaah kalau sudah oke, kalian akan tenang berangkat ke Studio Rekaman kan? 😉

Naah, metronome juga bisa diresapi loch, bisa dari goyangan kaki, tau band Cold Play kan? coba lihat live nya di studio latihan, lihat gerakan kaki mereka serta penghayatannya 😉

See you soon!

Questions