Cara membuat band semakin berkarakter bagian pertama

Dear all

Kembali lagi bersama kami dalam serial  Tips Kursus Sound Engineering . Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai :

  1. Tips untuk memulai sebuah Band
  2. Tips memasuki dapur rekaman

Maka kali ini kami akan juga mengupas bagaimana membentuk karakter dari sebuah band. Kenapa harus berkarakter? Seperti kita lihat pada kenyataannya hanya band-band yang berkarakter saja yang tetap mendapat tempat pada pecinta musik sepanjang masa. Sebut saja Slank , GiGi ataupun legenda hidup musik Indonesia Iwan Fals . Begitu juga dengan aliran musik lainnya seperti Rhoma Irama dengan  Soneta dan masih banyak yang lainnya. Bukan hanya di daam negri tetapi juga band luar negri, semua tak lepas dari karakter. Pertanyaan berikutnya adalah karakter apa saja yang dibutuhkan dari sebuah band?

Karakter di sini adalah universal, karakter yang meliputi pesan yang disampaikan oleh band itu sendiri. Mungkib secara garis besar antara lain :

  1. Karakter dalam warna musik yang menjadi ciri khas. Jadilah diri sendiri dan keluarlah dari bayang-bayang idola mu sendiri. Endank Soekamti membuktikan bahwa dengan konsisten dalam karakter membawakan musik mereka di jalur punk tidak membuat mereka kehilangan fans.
  2. Inovasi dalam menggali karakter musik mereka. Kenapa Slank bisa bertahan hingga saat ini? kenapa Iwan Fals menjadi legenda? apakah mereka merubah karater mereka dalam bermusik? Kita dapat melihat Slank membawa warna disko pada lagunya, apakah karakter mereka ikut berubah?
  3. Pemakaian Sound. Sound juga sangat menentukan dalam karakter musik. Suara-suara indah yang akan dikeluarkan oleh sebuah band akan sangat berpengaruh bagaimana mereka mengolah sound mereka. Biaya mahal untuk melengkapi sound kalian bukanlah jaminan. Tetap lah band kalian yang menentukan sound yang akan kalian keluarkan. Setiap band harus punya karakter tersendiri pada sound nya. Band rock harus melakukan sesuatu pada sound nya, seperti pada Seni Audio begitu juga dengan genre lainnya. Secara lengkap mengenai sound ini dapat kalian ikuti di  MIXSYNCH AUDIO PRODUCTIONS

Salah satu band era saat ini dengan jalur indie label adalah Fourtwnty . Ditengah perindustrian musik yang sedang memasuki era “sukses dalam semalam”, sudah jarang dan menyegarkan tekad yang kuat, ketulusan dalam membuat suatu karya dan mimpi yang sederhana. Seringkali, musisi seperti ini menyuguhkan hasrat untuk berfikir diluar dari pemikiran yang sudah ada sebelumnya.

Fourtwnty adalah contoh yang sempurna. berdomisili di jakarta, yang beranggotakan Ari, Nuwi dan Roots telah memanjakan pendengarnya dengan nada-nada santai dan nyaman didengar di seluruh indonesia. Mereka adalah musisi multi-instrumentalis yang mendedikasikan dirinya untuk menyebarkan pesan toleransi melalui musik dan konsep yang matang. Keinginan mereka menciptakan kembali sudut pandang positif di dunia musik telah membuat mereka menciptakan suatu karya yang segar. Hal ini direalisasikan melalui mini album Fourtwnty yang bertajuk “Setengah Dulu”. Dirilis secara independen pada tanggal 5 desember 2014 dalam acara JakCloth Year End Sale, dan saat ini sudah dapat di dengarkan di situs www.souncloud.com/fourtwntymusic. “Setengah Dulu hanyalah permulaan untuk menyebarkan pesan, ini adalah proyek pertama kami, dan saya yakin kalian suka”, ujar sang vokalis Ari LEsmana.  http://www.last.fm/music/Fourtwnty/+wiki

 

Demikian artikel kali ini. Pada artikel berikutnya kami akan menggali lebih jauh lagi bagaimana cara membentuk band yang berkarakter.

 

 

kursus sound 1

 

Questions