Cara membuat Band semakin berkarakter bagian kedua

Dear all

Lanjutan serial dari Tips Kursus Sound Engineering kali ini adalah bagaimana cara atau langkah yang harus kita lakukan untuk memmbangun karakter dalam bermusik ada band kita. Pada artikel sebelumnya cara membuat band semakin berkarakter bagian pertama telah kita bahas apa saja kararakter yang harus ada dalam sebuah band. Sekarang akan kita kupas tuntas langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan.

Membuat lagu yang bagus dan mudah di dengar serta di terima di pasar adalah hal mutlak, lagu adalah tiket kalian untuk tetap ada di belantara musik. Apakah harus mengikuti zaman dalam membuat lagu? jadilah diri kalian sendiri, bahkan jadilah anti mainstream jika diperlukan. Musik adalah sesuatu yang universal dan telah ada di dunia ini sejak lama. Musikalitas kalian sangat dibutuhkan disini, bukan hanya keahlian (skill) masing-masing individu tetapi secara keseluruhan mulai dari nada, lyric, sound dan lainnya yang merupakan satu kesatuan dari lagu. Lyric tidak harus mengenai cinta, cobalah berkembang, lihat disekitar kalian.  Kita mengenal banyak otodidak jenius di belantara musik nasional ataupun internasional sebut saja Kurt Cobain dengan Nirvana yang dapat membuat revolusi musik pada zaman nya. Apakah yang Kurt Cobain lakukan? apakah terjadi begitu saja? tentunya dapat kita lihat bagaimana karakter musik dan sound  yang dibawakan Nirvana begitu kuat.

Mungkin kalian dapat merekam lagu kalian sendiri dan mulai menawarkan ke perusahaan rekaman yang ada di tanah air,  atau kalian ingin berdiri sendiri dalam jalur indie label dan sebagainya. Apakah hal itu bisa sukses begitu saja? jika  saja kalian sukses, akankah dapat bertahan lama? akankah semudah itu? Tidak ada jalan lain dalam meningkatkan musikalitas dan membangun karakter band kalian selain jam terbang atau pengalaman.

Tahap ini bisa dikatakan band kamu sudah harus siap untuk terjun kelapangan dan mencari pengalaman, sekaligus mulai memperkenalkan lagumu pada audience. Carilah panggung pertunjukkan, lalu pasang mata dan telinga setiap personelmu. Jangan hanya menunggu dan menganggap ini urusan manajer.  Lutfi Taufik “Sukses ngeBand menembus label”

Pengalaman akan membentuk karakter band kalian, layaknya orang pacaran yang sedang menjalin kecocokan dalam cinta. Jiwa (soul) kalian akan menyatu dan berpadu seiring dengan pengalaman yang kalian tempuh. Bisa jadi nanti dalam perjalanannya ada personil yang keluar, atau kalian menemukan kenyamanan bersama dalam sound ataupun kalian menemukan bentuk baru dalam arah karakter band. Bagaimanakah cara mencari pengalaman itu?

  1. Carilah panggung sebanyak-banyaknya di Pentas Seni (pensi), di Kafe Festival musik, ikut kompilasi Band dan sebagainya. Hanya dengan panggung kalian dapat mengasah kualitas dan mentalitas kalian. Jangan takut dan jangan berkecil hati jika kalian gagal di awal. Semua kesuksesan yang ada di dunia berawal dari beribu-ribu kegagalan bukan? buatlah catatan kecil di setiap panggung yang kalian ikuti atau di zaman sekarang buatlah rekaman atau dokumentasi di setiap kegiatan kalian. Pelajari dan kembangkan terus. Bagi band yang telah lama dan masih jalan ditempat, mempelajari dokumentasi yang ada dan kritikan dari siapa saja terutama manajer kalian adalah mutlak. Kenapa? karena audience atau penontonlah yang dapat memberi masukan kepada kalian? berfikirlah besar. Banyak Band yang lahir dan besar di acara pensi.  Slank  adalah salah satu contoh. Sempat di tolak berbagai label membuat karakter mereka semakin kuat. Superman is death (SID) juga melakukan hal yang sama. Demikian juga dengan  Pass Band  Netral dan masih banyak lainnya.
  2. Ikuti perkembangan Sound, jangan sampai ketinggalan, bergaullah dengan orang yang pakar di bidangnya, jangan malu belajar. Anda dapat memiliki staff khusus dalam urusan sound anda, akan tetapi anda adalah penentu suara apa yang akan Anda keluarkan. Pelajari teknik-teknink sound agar anda punya banyak pilihan dalam menggali sound anda sendiri. Jika perlu ikuti kursus Sound Engineering
  3. Gunakan semua media yang ada untuk memperkenalkan lagu kalian, dan amati perkembangan pasar sejauh mana lagu kalian diterima di pasar. Pada zaman yang serba canggih saat ini semua menjadi mudah. Membuat Website band anda adalah hal yang penting kenapa? karena dengan website akan lebih mudah memancing pendengar untuk melihat band kalian secara keseluruhan. Bagaimana caranya? Kalian dapat mempergunakan semua Media Social (medsos) yang ada. Kalian bisa menggunakan youtube, soundcloud, facebook dan instagram, twitter, pint it dan sebagainya. Jika perlu lakukan live streaming. Di setiap medsos kalian bisa membuat page kalian sendiri bukan? Bentuklah karakter kalian dan tuangkan di dalamm website kalian. Belum punya website? percayakan kepada kosandesign

 

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. Pada artikel berikutnya kami akan membahas bagaimana caranya membuat musik yang dapat diterima di masyarakat tanpa harus meninggalkan karakter kalian dengan ikut-ikutan.

Be Yourself no matter what they say

 

kursus sound 1

whatsapp-image-2016-11-17-at-20-41-13

Questions