LES TANGERANG DAN KECERDASAN MAJEMUK

Dear all Members, Bloggers, Readers, Brothers and Sisters

Pada artikel terdahulu (lihat arsip website ini),

http://www.senopatieducationcenter.com/online/kursus-terbaik-tangerang-4/

kami telah mencoba untuk mengupas perbedaan IQ dan EQ, serta. Sebelum melanjutkan artikel tersebut kami akan mengupas sedikit tentang hal yang tidak kalah pentingnya yaitu :

KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE)

Dari berbagai sumber pustaka terdapat 8 # 1  macam kecerdasan yang dimiliki oleh umat manusia, yaitu :
  1. Linguistic-Verbal : Kecerdasan/kemampuan seseorang dalam berbahasa yang meliputi Mendengar, Menulis, Berbicara, dan pada umumya sangat suka membaca
  2. Logical-Mathematical :  Kecerdasan/kemampuan seseorang yang berhubungan dengan kejeliannya dalam berfikir, seperti tertarik dengan data-data dan grafik, suka bermain dengan strategi, dan lainnya.
  3. Visual-Spatial : Kecerdasan/kemampuan seseorang yang berhubungan dengan dengan kecerdasan visual, seperti menyukai presentasi, gambar, performance dan video.
  4. Musical-Rhythmic : Kecerdasan/kemampuan seseorang yang berhubungan dengan suara, seperti senang mendengar musik, dan juga senang bermain musik.
  5. Bodily-Kinesthetic : Kecerdasan/kemampuan seseorang yang berhubungan dengan gerak, dan sangat senang dengan dunia olahraga, performance, Menari dan lainnya.
  6.  Interpersonal : Kecerdasan/kemampuan seseorang yang berhubungan dengan kehidupan sosial seperti persahabatan, sosialisasi dengan orang lain, sangat suka bekerjasama dengan orang lain ataupun bekerja secara berkelompok dan sebagainya.
  7. Intrapersonal : Kecerdasan/kemampuan seseorang yang berhubungan dengan tingkat kemandirian yang tinggi, percaya diri dan suka bekerja secara perseorangan.
  8. Naturalist :  Kecerdasan/kemampuan seseorang yang berkaitan dengan alam seperti dunia tumbuhan, hewan, cuaca, dan bebatuan serta hal lain yang berhubungan dengannya.
Mengapa harus ada #1 dalam posting ini? Karena seluruh manusia telah terlahir pula dengan Kecerdasan Rohani (Spritual), yaitu Kecerdasan/Kemampuan yang berkaitan dengan keagamaan, seperti mengenal TUHAN, baik dan buruk serta segala hal yang berhubungan dengannya.
8 #1 . . .Kecerdasan ini telah tersedia bersamaan dengan lahirnya manusia itu sendiri, akan tetapi proses kehidupan dari sejak kecil yang akan membentuk kecerdasan manakah nanti yang akan dominan pada dirinya. Apakah itu kecerdasan musical, intrapersonal, naturalist, ataupun bisa gabungan antara beberapa Kecerdasan tersebut. Bahkan bisa jadi hanya dibawah standar dari semuanya.
Sebagai contoh, Michael Jackson Legenda Pop Dunia adalah seorang Musical-Rhytmic. Cristiano Ronaldo yang sangat berbakat didunia Sepak Bola telah diasah oleh ayahnya sejak di sekolah dasar, dan banyak contoh lainnya. Lihatlah semua orang yang sukses di sekeliling kita. Bukankah mereka juga mengenal #1 yaitu Spritual? Coba kita lihat Adolf Hitler pemimpin Nazi yang tercatat sebagai penjahat perang dengan membantai orang yahudi, manakah yang menonjol darinya? Spritualnya Kah? atau Intrapersonalnya kah? atau Logical-Mathematical kah?
Semuanya terbentuk dari kecil, pengalaman dan arahan orang terdekat, baik secara sadar dan tidak sadar. Anak-anak yang sering melihat orang tuanya bertengkar, saling memukul akan terekam didalam otaknya dan mempengaruhi secara tidak langsung pada Kecerdasan Majemuknya, bahkan juga pada EQ nya, sedangkan IQ akan berjalan tetap seiring dengan Ilmu yang didapat.
Orang tua yang melihat ketertarikan anak pada musik seperti bermain alat musik, membuat band waktu SMP janganlah menghambat mereka apalagi mematikan kecerdasannya, arahkan mereka,  apabila sudah melupakan kewajibannya, pancing mereka, bahkan Orang Tua bisa memotivasi mereka dari Music. Albert Enstein seorang Ilmuwan ternama adalah pemain Biola ulung bukan? tiada masalah dengan musik.
Banyak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang telah mengembangkan upaya mengarahkan anak pada Kecerdasan Majemuk ini. Dan hal itu adalah LUAR BIASA. Tetapi jangan lupa peran Orang Tua juga sangat penting. Karena Orang Tua adalah SEKOLAH PERTAMA DAN YANG TERAKHIR bagi manusia dalam kehidupan.
Bagaimanakah hubungan Kecerdasan Majemuk ini dengan EQ dan IQ ? kita akan bahas pada posting berikutnya. Kecerdasan Majemuk ini perlu di ulang kembali mengingat akan sangat berhubungan dengan bahasan selanjutnya mengenai KIDPRENEUR dalam Membenahi MENTAL BANGSA.
Thanks all
Best Regards
Senopati Center

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.