sampul K 13 Rev 2017

Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2017

Dear all

K-13 atau Kurikulum 2013 yang menggantikan KTSP 2006 secara bertahap saat ini telah memasuki revisi terbaru. Bagi sesama pengajar baik di sekolah formal atau non formal tentunya kita harus siap untuk menerimanya, apalagi kalau dilihat dari Ujian yang telah berlalu. Pasti ada juga sahabat yang berdebar-debar menanti kehadiran revisi ini disekolahnya ūüėĬ† Jangan khawatir, perubahannya tidak terlalu signifikan dan¬†di fokuskan untuk meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) dimana dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017 harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Perbaikan atau revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :

  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
  3. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Untuk RPP Kurikulumnya bisa sahabat lihat pada link ini =

Kumpulan RPP SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Download Kumpulan RPP K-13 Revisi 2017

Integrasi PPK meliputi kegiatan memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang, seperti :

  • Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Sedangkan untuk perdalaman dan perluasan dapat berupa:

  • Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.

Penguatan Karekter PPK di dalam pembelajaran terdiri dari 5 karakter, yaitu :

  1. Relegius
  2. Nasionalis
  3. Mandiri
  4. Gotong Royong
  5. Integritas

Ke-5 hal diatas juga kan di integrasikan ke 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) diatas, inilah yang disebut dengan literasi.  Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.  Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Untuk lebih lengkapnya sahabat bisa langsung ke link Fokus Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) .

Demikian penjelasan singkat mengenai K-13 Revisi terbaru ini. Senopati Education Center akan tetap setia menemani dan membantu semua sahabat, baik sebagai guru, murid, serta orang tua/wali murid.  Visi dan Misi Mempermudah Pembelajaran baik secara online maupun offline seiring dengan perkembangan teknologi sebagai tandingan positif terhadap dampak negatif dunia Internet pada anak serta remaja seperti konten pornografi, SARA dan kecanduan games online. Kami membuat sesuatu yang sulit menjadi mudah, yang mudah menjadi indah, indah menjadi budaya, budaya yang akan berbuah PRESTASI.  

Motto kami sangat sederhana, yaitu :

PR /Tugas tuntas , Ulangan serta Ujian siap, Prestasi dan Akhlak Meningkat 

Bagi sahabat yang ada disekitar wilayah Citra Raya Tangerang (Cikupa, Panongan, Balaraja, Curug, Tiga Raksa dan sekitarnya) bisa langsung datang ke workshop kami, silahkan hubungi kami dan dapatkan alamat kami di link ini = https://senopati-education-center.business.site/ . Bagi sahabat yang jauh, jangan khawatir, karena kami telah membuka Kursus Online yang sangat sederhana, silahkan hubungi di hotline kami untuk keterangan lebih lengkap.

 

belajar-efektif2

Selain Bimbingan Belajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), kami juga menyediakan Kursus Baca Tulis Hitung (Calistung), Kursus Bahasa Mandarin(anak/dewasa/perusahaan) dan kursus Bahasa Inggris (anak/dewasa/perusahaan). Bukan hanya itu, Divisi Kuliner Senopati Education Center saat ini mempersembahkan Rendang Nyokap yang merupakan Rendang klasik dari resep tradisional Sumatera Barat.

Saat ini Kami menjalin Kerjasama dengan berbagai Lembaga berpengalaman :

  1. Bagi teman-teman yang ingin memasang iklan di Portal Berita terpercaya dengan berita yang selalu up to date dan tidak hoaxx! saat ini kami bekerjasama ¬†http://wartamerdeka.id/¬†Pasang Iklan Anda bersama kami ūüėČ
  2. Saat ini kami juga bekerjasama dengan https://www.tokopedia.com/altheakiddyland sebagai reseller mainan edukasi anak. 
  3. Bersama dengan http://radityakomputer.com/ Kami juga menjual Franchise Kursus Komputer yang telah terpercaya dan berpengalaman di Indonesia.
  4. Bersama dengan http://kosandesign.com/ Kami melayani Jasa Pembuatan dan Operator Websitebaik untuk Instansi, Perusahaan, Organisasi dan Perorangan.
  5. Bersama dengan www.ilmci.com Kami juga melayani penjualan Franchise Kursus Bahasa Inggris dan Kursus Bahasa Mandarin (i-tutor.net dan Speed Mandarin), bukan hanya itu dengan ILMCIkami juga bekerjasama Pengadaan Trainer dan  Try Out Online
  6. Bersama dengan Mixsynch Audio Production kami mempersembahkan Kursus menjadi Sound Engineer dengan pengajar yang merupakan praktisi berpengalaman dan ahli di bidangnya. Silahkan ikuti atau klik link ini Kursus Sound Engineering  untuk keterangan lebih lengkap.

Akhir kata, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya bagi kepercayaan para sahabat. Tetap semangat dan terus berkarya ūüėČ

Best Regard

SEC Management

 

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.