Pada kolom ini kami akan merangkum jawaban dari  semua pertanyaan kalian ajukan mengenai PR, Tugas Sekolah dan lainnya. Ingat kami tidak mengerjakan PR kalian, akan tetapi kami membantu kalian memahami soal yang tidak kalian mengerti. Soal-soal akan kami kumpulkan dan akan ditampilkan setiap 1 minggu sekali,  Mau Curhat juga boleh 😀 . Berikut sarana Chat yang kami sediakan :

  1. Line (barcode line kami pada icon di bawah atau add id kami : senopati center ). Disini kalian bisa chat, video call, video group call, kirim foto soal yang kalian tidak mengerti dan akan kami jawab dengan video, foto atau live chat agar lebih mengerti dan lainnya. Line bisa digunakan pada app di Smart Phone atau PC agar lebih jelas.
  2. Live Chat di Facebook fan page Messenger. Ada di bagian bawah sebelah kanan website. download aplikasi facebook messengger di android kalian untuk lebih nyaman. Jika ingin video call hubungi kami. 
  3. Pertanyaan dapat juga kalian ajukan melalui Kolom Bertanya pada bagian bawah.
  4. MEDSOS SEC. Kami mempunyai media sosial khusus yang memungkin kalian bertanya layaknya di facebook, path, twitter dan lainnya. ada Live Chat nya juga.
  5. Instgram SEC. Lihat di bagian paling bawah sebelah kiri, lalu klik pada gambar atau ikon follow (bisa melalui PC ataupun smart phone)
  6. Whatsapp di 081268452685 untuk mengatur jadwal belajar online kalian ke bagian akademik kami. (syarat dan ketentuan berlaku).
  7. Bagi yang telah menjadi member “belajar live atau langsung di workshop kami” secara otomatis telah bisa menggunakan semua fasilitas ini.

 

Barcode Line

Youtube Channel SEC

#SECSocial

 

 

 

Soal Pembahasan Akutansi Kelas 10....

Sebutkan pengertian akuntansi ditinjau dari sudut penggunanya dan sebutkan pengertian akuntansi ditinjau dari sudut proses kegiatannya!

Akuntansi SMA kelas 10

  1. Jika ditinjau dari sudut pandang proses kegiatannya, akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisaan data keuangan suatu entitas.
  2. Apabila ditinjau dari sudut pandang pengguna jasa akuntansi, akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin ilmu dan atau aktivitas jasa yang menyediakan

informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan suatu entitas atau transaksi yang bersifat keuangan (financial ).

Siapa sajakah pengguna akuntansi itu dan untuk apakah akuntansi itu bagi setiap penggunanya?

Jawaban = 

Secara garis besar, pihak-pihak yang memerlukan informasi akuntansi adalah:

  1. Manajer. Seorang manajer perusahaan memerlukan informasi akuntansi untuk

penyusunan perencanaan perusahaan,mengevaluasi kemajuan yang dicapai

perusahaan, serta melakukan tindakan koreksi yang diperlukan

  1. Investor. Para investor sangat memerlukan data akuntansi suatu organisasi untuk menganalisis perkembangan organisasi yang bersangkutan.
  2. Kreditor. Kreditor berkepentingan dengan data akuntansi, karena kreditor berkepentingan untuk pemberian kredit kepada calonnasabahnya
  3. Instansi Pemerintah. Instansi pemerintah sangat berkepentingan dengan informasi akuntansi. Dari informasi keuangan suatu organisasi, pemerintah akan dapat menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar oleh organisasi yang bersangkutan.
  4. Organisasi Nirlaba. Meski organisasi nirlaba bertujuan tidak untuk mencari laba,  organisasi ini masih sangat memerlukan informasi  keuangan untuk tujuan penyusunan anggaran, membayar karyawan dan membayar beban-beban yang lain
  5. Pemakai lainnya. Informasi akuntansi juga diperlukan oleh organisasi lainnya seperti organisasi buruh, yang memerlukan informasi akuntansi untuk mengajukan kenaikan gaji, tunjangantunjangan, serta mengetahui kemajuan perusahaan dimana mereka bekerja.

Jelaskan tentang akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen!

Jawaban = 

Akuntansi keuangan disebut juga akuntansi umum (general accounting). Informasi yang disajikan dari akuntansi keuangan berupa laporan keuangan, yang penggunanya adalah pengambil keputusan dari pihak luar perusahaan. Sedangkan  Akuntansi manajemen meliputi 3 (tiga) fungsi, yaitu: (1) pemilihan dan pencatatan data, (2) analisis data, dan (3) menyiapkan laporan bagi manajemen.

Jelaskan perbedaan antara Akuntansi Keuangan dan Akutansi Manajemen

Jawaban = 

Perbedaannya adalah pada akuntansi keuangan laporan yang disiapkan ditujukan kepada pengguna sedangkan pada akuntansi manajemen laporan yang disiapkan ditujukan bagi manajemen

Apa sajakah bidang-bidang akuntansi itu? Jelaskan untuk setiap bidang akuntansi!

Jawaban = 

  1. Akuntansi keuangan disebut juga akuntansi umum (general accounting).
  2. Akuntansi biaya (cost accounting), penganggaran masuk dalam kelompok akuntansi manajemen.
  3. Akuntansi manajemen
  4. Akuntansi pemeriksaan(Auditing).

Akuntansi pemeriksaan adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan kegiatan pemeriksaan terhadap catatan hasil kegiatan Akuntansi Keuangan yang bersifat pengujian atas kelayakan Laporan Keuangan secara bebas (independen/ tidak berpihak) dan obyektif.

  1. Akuntansi perpajakan(Tax Accounting).

Bidang Akuntansi Perpajakan berhubungan dengan penentuan obyek pajak yang menjadi tanggungan perusahaan serta perhitungannya.

  1. Akuntansi Anggaran(Budgetary Accounting).

Bidang kegiatan akuntansi anggaran berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang sudah terjadi

  1. Akuntansi Pemeriksaan(Governmental Accounting).

Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan masalah pemeriksaan keuangan Negara lazim disebut Administrasi Keuangan Negara.

Akuntansi keuangan adalah bidang akuntansi yang menghasilkan informasi akuntansi dalam bentuk laporan keuangan. Siapa sajakah pengguna dari informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan tersebut?

Jawaban = 

Kelompok pengguna yang biasanya memerlukan informasi akuntansi keuangan

adalah:

  1. Pemilik perusahaan,
  2. Kreditor perusahaan
  3. Pemerintah
  4. Karyawan
  5. Pelanggan

Tiga fungsi apa sajakah yang ada dalam akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen? Jelaskan!

Jawaban = 

Akuntansi keuangan biasanya meliputi 3 (tiga) fungsi, yaitu

(1) pemilihan dan pencatatan data,

(2) analisis data, dan

(3) menyiapkan laporan bagi pengguna.

Akuntansi manajemen meliputi 3 (tiga) fungsi, yaitu:

(1) pemilihan dan pencatatan data,

(2) analisis data, dan

(3) menyiapkan laporan bagi manajemen.

Jelaskan perbedaan antara akuntansi internal dengan akuntansi publik

Jawaban = 

Akuntansi publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi bagi masyarakat. Sedangkan, dalam akuntansi internal, para akuntan akanbekerja pada sebuah perusahaan.

Dapatkah pekerjaan akuntan diogantikan dengan komputer? jelaskan

Jawaban = 

Tidak dapat, karena Jasa yang diberikan oleh para akuntan dalam sebuah perusahaan meliputi pekerjaan-pekerjaan sebagai:

(a)controller, (b) bookkeeper (pemegang buku), (c) cost accountant (akuntan industri atau akuntan biaya), (d) Internal auditor (pemeriksa intern), (e) tax specialist, dan (f) akuntan penyusun anggaran.

Suatu organisasi akan selalu berkaitan dengan kegiatan keuangannya. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis perusahaan dan jenis-jenis organisasi perusahaan yang biasa terjadi dalam praktek serta jelaskan pula perbedaan antara masing-masing bentuk organisasi tersebut

Jawaban = 

Jenis-jenis perusahaan meliputi:

  1. Perusahaan perseorangan

Perusahaan perseorangan dimiliki oleh individu, pemilik tunggal. Bentuk ini mudah pengelolaannya, biayanya juga tidak terlalu mahal. Kelemahan utama bentuk perusahaan ini adalah sumberdaya keuangan yang terbatas pada harta milik pribadi.

  1. Perusahaan persekutuan

Perusahaan persekutuan dimiliki oleh dua atau lebih individu, masingmasing pemilik menyetorkan modalnya ke perusahaan untuk bekerja secara bersama-sama. Sumberdaya keuangan tidak hanya berasal pada satu orang saja, tetapi berasal dari beberapa pemilik

perusahaan.

  1. Perusahaan perseroan

Perusahaan perseroan Sering disebut juga korporasi. Perusahaan inidibentuk berdasarkan peraturan pemerintah sebagai suatu badanhukum. Biasanya modalnya terdiri dari saham-saham, yang diterbitkan oleh korporasi tersebut dan dijual kepada masyarakat yang berminat. Keunggulan utama bentuk perusahaan korporasi adalah kemampuan untuk mendapat sejumlah sumberdaya keuangan dengan cara menerbitkan saham tersebut. Sehingga pemegang saham perusahaan ini bisa perorangan, atau individu yang membeli saham perusahaan ini.

Untuk setiap bisnis yang terdaftar di bawah ini, kelompokan kedalam jenis perusahaannya! Apakah perusahaan jasa, perusahaan dagang, atau perusahaan manufaktur?

  • Hotel
  • Toko gudang rabat
  • Dokter Gigi
  • Bank
  • Perusahaan rokok

Jawaban = 

  1. Hotel : Perusahaan Jasa
  2. Toko gudang rabat : Perusahaan Dagang
  3. Dokter gigi : perusahaan jasa
  4. Bank : perusahaan Jasa
  5. perusahaan rokok : perusahaan manufaktur.

Dilihat dari sudut fungsinya, akuntasi diartikan sebagai…..
A. Suatu alat untuk mencatat semua transaksi atau kejadian-kejadian yang terjadi dalam perusahaan
B. Suatu aktivitas penyediaan data keuangan perusahaan yang pendting bagi pihak-pihak yang memerlukan
C. Rangkaian kegiatan yang meliputi pencatatan, dan pelaporan transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan
D. Kumpulan catatan mengenai transaksi keuangan perusahaan yang terjadi dalam suatu periode tertentu
E. Iktisar-iktisar keuangan perusahaan sebagai pertanggungjawaban pimpinan perusahaan

Jawaban = A. Suatu alat untuk mencatat semua transaksi atau kejadian-kejadian yang terjadi dalam perusahaan

Akuntansi yang mengutamakan pemeriksaan terhadap pernerpan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim dan berjalannya system pengendalian intern untuk mendukung pendapatnya atas laporan keuangan suatu perusahaan adlah……..
A. Akuntan perpajakan
B. Akuntan public
C. Akuntan pemerintahan
D. Akuntan intern
E. Akuntan pendidik

Jawaban = B. Akuntan public

 

Akuntan yang bekerja di perushaan –perusahaan swasta, seperti di bank, perusahaan industri, perdagangan dan lain-lain disebut……..
A. Akuntan public
B. Akuntan pemerintahan
C. Akuntan pendidik
D. Akuntan internal
E. Akuntan eksternal

Jawaban = 

D. Akuntan internal

Pihak yang memerlukan informasi akuntansi untuk mengambil keputusan tentang perlu tidaknya menanamkan modal di perusahaan adalah……
A. Pemilik
B. Kreditur
C. Pemerintah
D. Karyawan
E. Investor

Jawaban = E. Investor

Transaksi keuangan perusahaan adalah……
A. Semua kejadian yang terjadi dalam perusahaan
B. Kejadian-kejadian yang berhubungan langsung dengan pihak lain
C. Kejadian-kejadianyang berpengaruh lansung terhadap harta dan kewajiban perusahaan
D. Kejadian-kejadian dan keadaan yang mengkibatkan perubahan harta, hutang dan modal perusahaan
E. Kejadian-kejadian yang mengakibatkan perubahan terhadap modal perusahaan.

Jawaban = 

D. Kejadian-kejadian dan keadaan yang mengkibatkan perubahan harta, hutang dan modal perusahaan

Rumusan persamaan dasar akuntansi adalah...........
A. Harta = Kewajiban + Modal
B. Harta = Modal – Kewajiban
C. Harta = Kewajiban – Modal
D. Harta = Modal + Kewajiban
E. Modal = Kewjiban + Harta

Jawaban = 

A. Harta = Kewajiban + Modal

Sahnya bukti transaksi adalah bukti transaksi yang berisi data tentang:
A. Tanggal, nomor bukti, keterangan, pihak-pihak yang terlibat
B. Jumlah uang, nomor bukti, keterangan, pihak yang terlibat
C. Tanggal, jumlah uang, nomor bukti, alamat
D. Tanggal, jumlah uang, nomor bukti, pihak yang terlibat.
E. Tanggal, jumlah uang, keterangan, nomor bukti.

Jawaban = 

D. Tanggal, jumlah uang, nomor bukti, pihak yang terlibat.

Tangal yang dicantumkan di bukti jurnal adalah……
A. Tanggal posting transaksi
B. Tanggal dicatatnya bukti jurnal
C. Tanggal disetujuinya bukti jurnal
D. Tanggal dibuatnya bukti jurnal
E. Tanggal terjadinya transaksi

Jawaban = 

E. Tanggal terjadinya transaksi

Apabila terjadi pembelian secara tunai, maka akan dicatat ke dalam jurnal….
A. Jurnal pengeluaran kas
B. Jurnal penerimaan kas
C. Jurnal pembelian
D. Jurnal retur pembelian
E. Jurnal pengembalian barang

Jawaban = 

A. Jurnal pengeluaran kas

PD SINAR membeli barang dari PT.CAHAYA seharga Rp 4.000.000,00 Pembayaran kredit, bukti transaksi yang dijadikan dokumen akuntansi PD SINAR untuk transaksi tersebut adalalh....
A. Kuitansi yang diterima dari PT. CAHAYA
B. Copy (tembusan) kuitansi yang diserahkan kepada PT CAHAYA.
C. Faktur yang dibuat oleh PT CAHAYA
D. Copy faktur yang diterima dari PT CAHAYA
E. Struk cek yang lembar utamanya diserahkan kepada PT CAHAYA.

Jawaban = 

C. Faktur yang dibuat oleh PT CAHAYA

Penyetoran modal oleh pemilik dalam bentuk uang tunai Rp 100.000.00 didokumentasikan dengan.....
A. Memo
B. Bon
C. Faktur
D. Kuitansi
E. Nota kontan

Jawaban = 

D. Kuitansi

Menurut konversi pencatatan rekening, debit dan kredit berarti…..
A. Aktiva dan pasiva
B. Bertambah dan berkurang
C. Kekayaan dan hutang
D. Sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan
E. Positif dan negatif

Jawaban = 

D. Sisi sebelah kiri dan sisi sebelah kanan

Data kuitansi yang dibuat perusahaan bengkel ”MUDA KARYA” untuk pelanggannya, antara lain sebagai berikut :
Jumlah uang : Rp 1.800.000,00
Untuk Pembayaran : perbaikan sebuat kendaraan No. Pol B. 212 SNN
Catatan yang harus dibuat dalam persamaan dasar akuntansi adalah.....
A. Akun pendapatan jasa debet dan kas kredit berjumlah Rp 1.800.000,00
B. Akun pendapatan jasa debet dan Modal kredit masing-masing Rp 1.800.000,00
C. Akun Modal debet dan akun pendapatan jasa kredit sebesar Rp 1.800.000,00
D. Akun Kas debet dan akun Modal kredit masing-masing sebear Rp 1.800.000,00
E. Akun Kas debet Rp 1.800.000,00 dan akun pendapatan jasa kredit dengan jumlah.

Jawaban = 

D. Akun Kas debet dan akun Modal kredit masing-masing sebear Rp 1.800.000,00

Format jurnal pembelian berisi kolom-kolom................
A. Tanggal posting, Keterangan, No bukti, Debit, Kredit, saldso, D/K
B. Tanggal, No Faktur, Nama Kreditur, Ref, Debet, Kredit
C. Tanggal, No Faktur, Nama Debitur, Ref, Debet, Kredit.
D. Tanggal laporan, keterangan, ref, Debit,Kredit
E. Tanggal transaksi, Keterangfan, Debit, Kredit.

Jawaban = 

B. Tanggal, No Faktur, Nama Kreditur, Ref, Debet, Kredit

Suatu Peralatan seharga Rp 10.000.000,00 dibeli dengan cara sebagai berikut : dibayar tunai Rp 2.500.000,00, dibayar dengan menarik kredit dari bank Rp 7.500.000,00, maka dalam jurnal umum dicatat sebagai berikut….
A. Peralatan Rp 10.000.000,00
Hutang usaha Rp 7.500.000,00
Kas Rp 2.500.000,00

B. Peralatan Rp 10.000.000,00
Kas Rp 7.500.000,00
Hutang usaha Rp 2.500.000,00
C. Kas Rp 17.500.000, 00
Hutang usaha Rp 7.500.000.00
Peralatan Rp 10.000.000,00

D. Hutang Usaha Rp 10.000.000,00Peralatan Rp 7.500.000,00 kas Rp 2.500.000,00

E. Peralatan Rp 10.000.000,00Piutang usaha Rp 7.500.000,00 Kas Rp 2.500.000,00

Jawaban = 

A. Peralatan Rp 10.000.000,00
Hutang usaha Rp 7.500.000,00
Kas Rp 2.500.000,00

  • Yang dimaksud buku besar adalah…
    A. Buku yang berisi kegiatan perusahaan selama periode tertentu
    B. Buku tempat mencatat ikhtisar transaksi yang terjadi selama periode tertentu
    C. Buku tempat mencatat penggolongan transaksi yang terjadi dalam perusahaan
    D. Buku tempat mencatat trnsaksi yang terjadi dalam perusahaan
    E. Buku tempat laporan keuangan suatu perusahaan untuk perusahaan tertentu.
  • Posting adalah....
    A. Proses menutup rekening nominal ke rekening modal
    B. Proses menysyn laporan keuangan sesuai dengan kebutuhqan penguna informasi
    C. Proses pemindahan saldo buku besar ke daftar saldo sesuai dengan urutan rekening
    D. Proses memasukkan informasi dan angka-angka dalam buku jurnal ke buku besar
    E. Proses mencatat transaksi ke dalam buku besar sesuai dengan urutan kejadiannya.
  • Rekapitulasi yang akan dikerjakan pada buku jurnal khusus dapat berfungsi sebagai....
    A. Media pencatatan akun-akun
    B. Media pengumpulan akun –akun untuk mempermudah dalam proses posting
    C. Media pengamanan jurnal khusus
    D. Media pengwasan jurnal khusus
    E. Mendia perincian akun-akun yang terkait untuk melihat kesamaan debet dan kredit.
  • Sumber data yang akan digunakan untuk pencatatan ke dalam buku pembantu adalah..........
    A. Catatan yang ada dalam buku pembantu
    B. Catatan yang ada di dalam bukti transaksi
    C. Catatan jurnal memorial
    D. Catatan di buku besar
    E. Catatan jurnal khusus

 

Jawaban = 

C. Buku tempat mencatat penggolongan transaksi yang terjadi dalam perusahaan

D. Proses memasukkan informasi dan angka-angka dalam buku jurnal ke buku besar

B. Media pengumpulan akun –akun untuk mempermudah dalam proses posting

B. Catatan yang ada di dalam bukti transaksi

Dijual tunai inventaris mesin tik Royal seharga Rp 765.000.000,00, yang dibeli dua bulaln yang lalu seharga Rp 756.000,00, maka ayat jurnalnya adalah....
A. Kas p 765.000,00
Peralatan kantor Rp 765.000,00

B. Kas p 756.000,00

Peralatan kantor Rp 756.000,00

C. Kas Rp 756.000,00
Rugi penjualan mesin Rp 9.000,00

D. Kas Rp 765.000,00
Peralatan mesin Rp 756.000,00
Laba penjualan mesin Rp 9.000,00

E. Kas Rp 1.521.000,00
Peralata n kantor Rp 1.521.000,00

Jawaban = 

C. Kas Rp 756.000,00
Rugi penjualan mesin Rp 9.000,00

PD ARION menjual barang kepada toko Dina seharga Rp 5.000.000,00 syarat n/30 FOB destination, ongkos angkut Rp 200.000,00. Pencatatan trnsaksi tersebut dibwah ini besar, kecuali.
A. PD Arion mendebet perkiraan piutang dagang Rp 5.000.000,00
B. PD Arion mengkredit perkiraan penjualan Rp 5.000.000,00
C. PD Arion mendebet perkiran biaya angkut Rp 5.000.000,00
D. Toko Dina mendebet perkiraan pembelian Rp 5.000.000,00
E. Toko Dina mengkredit perkiraan utang dagang Rp 5.000.000,00

Jawaban = 

C. PD Arion mendebet perkiran biaya angkut Rp 5.000.000,00

Berikut ini kelompok tekening yang semuanya mempuyai saldo normal (normal
balance ) kredita, kecuali….
A. Modal saham, hutang dagang
B. Pendapatan
C. Hutang dagang
D. Retur penjualan
E. Retur pembelian

Jawaban = 

B. Pendapatan

Laporan keuangan yang harus disusun oleh perushaan sesuai dengan ketentuan PSAK
adalah…..
A. Neracal, Laporan laba/rugi
B. Neraca, laporan laba/rugi, laporan Ekuitas, Arus kas
C. Neraca, laporan laba/rugi, laporan Ekiuitas, Arus kas, catatan pendukung
D. Neraca, laporan laba/rugi, laporan Ekuitas
E. Neraca, lapran laba rugi, laporan Ekuitas, Arus kas.

Jawaban = 

C. Neraca, laporan laba/rugi, laporan Ekiuitas, Arus kas, catatan pendukung

  • Neraca lajur atau kertas kerja difungsikan sebagai....
    A. Media pencatatan akun-akun neraca
    B. Media pembantu untuk menyusun laporan keuangan
    C. Media pencatatan penyesuaian keuangan
    D. Salah satu laporan keuangan yang wajib disusun oleh perushaan
    E. Media pencatatan laba rugi
  • Berikut ini urutan langkah-langkah yang benar dalam menyusun neraca lajur 10 kolom adalah....
    A. AJP, Neraca saldo, Neraca saldo disesuaikan, Neraca, Laporan laba/rugi
    B. Neraca, AJP, Neraca saldo disesuaikan, laporan laba/rugi
    C. Neraca saldo, Neraca saldo disesuaikan, laporan laba/rugi, neraca
    D. Neraca saldo disesuaikan, AJP, Neraca saldo, Neraca, laporan laba/rugi
    E. Neraca saldo, AJP, Neraca saldo disesuiakan, Laporan laba/rugi, Neraca

Jawaban = 

B. Media pembantu untuk menyusun laporan keuangan

E. Neraca saldo, AJP, Neraca saldo disesuiakan, Laporan laba/rugi, Neraca

  • Dalam neraca lajur, jika pada kolom laba/rugi jumlah kolom debit lebih kecil ddari
    jumlah kolom kredit, maka perushaan tersebut mengalami.... dan pengaruhnya
    terhadap modal.:
    A. Rugi, mengurangi modal
    B. Rugi, menambah modal
    C. Laba, mengurangi modal
    D. Laba, menambah modal
    E. Rugi, tidak mempengaruhi modal
  • Neraca menurut PSAK harus disajikan dalam format :
    A. Double step
    B. Single step
    C. T. Account
    D. Multiple step
    E. Triple step
  • Neraca adalah laporan yang sistematis mengenai….
    A. Harta perushaan dan modal pemilik pada suatu saat tertentu
    B. Modal pemilik dan pendapat bersih selama periode tertentu
    C. Harta, hutang dan modal perusahaan pada suatu saat tertentu
    D. Penghasilan-penghasilan dan beban-beban yang terjadi pada suatu saat tertentu
    E. Harta yang dimiliki perusahaan dan kewajiban kepada kreditur pada suatu saat tertentu
  • Salah satu unsur laporan keuangan yang menggambarkan posisi (keadaan) Modal
    perusahaan adalah
    A. Neraca
    B. Lapran laba/rugi
    C. Laporan perubahan Modal
    D. Laporan perubahan posisi keuangan
    E. Laporan perubahan laba yang ditahan.

Jawaban = 

  • D. Laba, menambah modal
  • C. Multiple step
  • C. Harta, hutang dan modal perusahaan pada suatu saat tertentu
  • C. Laporan perubahan Modal

Dalam jurnal penyesuaian dokumen yang digunakan adlaah....
A. Konfirmasi saldo
B. Nota debet
C. Nota kredit
D. Kuitansi
E. Bukti memorial

Jawaban = 

A. Konfirmasi saldo

Dalam neraca saldo PT ABC per 31 Desember 2009, terdapat perkiraan asuransi
dibayar dimuka sebesar Rp 180.000,00. data penyesuaian menyebutkan, asuransi
dibayar tanggal 1 Oktober 2009 untuk satu tahun. Jurnal penyesuaian yang harus
dibuat dari data tersebut adalah.....
A. Beban Asuransi Rp 45.000,00
Asuransi dibayar dimuka Rp 45.000,00

B. Asuransi dibayar dimuka Rp 45.000,00
Beban asuransi Rp 45.000,00

C. Beban asuransi Rp 135.000,00
Asuransi dibayar di muka Rp 135.000,00

D, Asuransi dibayar di muka Rp 135.000,00
Beban Asuransi Rp 135.000,m00

E. Beban asuransi Rp 30.000,00
Asuransi dibayar di muka Rp 30.000,00

Jawaban = 

A. Beban Asuransi Rp 45.000,00  Asuransi dibayar dimuka Rp 45.000,00

Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi lain. Kelompok alat yang mengubah energi
listrik menjadi energi gerak adalah ….
a. kipas angin, mesin cuci, dan bor listrik
b. teko listrik, kompor listrik, dan dispenser
c. radio, televisi, dan kipas angina
d. pengering rambut, bor listrik, dan solder listrik

Jawaban = 

A. kipas angin, mesin cuci, dan bor listrik

Teko Listrik merubah energi listrik menjadi energi panas, demikian juga dengan kompor listrik dan dispenser. Radio merubah energi listrik menjadi energi bunyi. Solder Listrik merubah energi listrik menjadi energi panas demikian juga halnya dengan pengering rambut.

Perhatikan pernyataan berikut!
1. Matikan lampu jika tidak dipakai
2. Gunakan lampu bohlam
3. Matikan tv dan radio saat tidur
4. Matikan lampu ketika mau makan
Pernyataan yang tepat untuk melakukan penghematan energi adalah .…
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 1 dan 3
d. 2 dan 4

Jawaban = 

C. 1 dan 3 : 

Sebagai tambahan adalah menggunakan lampu hemat energi, gunakan listrik secara bijak, berilah jarak sekitar 15 cm lemari es dengan tembok dibelakangnya, gunakan solar sell sebagai energi listrik tambahan dan lainnya.

Sumber listrik yang terdapat pada pusat pembangkit energi listrik adalah ….
a. batu baterai
b. akumulator
c. dinamo
d. generator

Jawaban = 

d. Generator

Sumber energi yang termasuk elemen basah adalah ….
a. baterai
b. dinamo
c. akumulator
d. generator

Jawaban = 

C. akumulator : sumber energi listriknya berasal dari elemen basah karena eletrolitnya berbentuk cairan yaitu asam sulfat, nama kimianya: H2SO4.

Terjadinya angin darat dan angin laut merupakan akibat dari ….
a. konveksi
b. radiasi
c. konduksi
d. korosi

Jawaban = 

A. Konveksi.  karena terjadi perpindahan zat perantara yang diikuti oleh zat perantara tersebut dengan cara mengalir.  Konduksi adalah perpindahan kalor melalui zat penghantar tanpa disertai perpindahan bagian-bagian zat itu. Perpindahan kalor dengan cara konduksi pada umumnya terjadi pada zat padat. Suatu zat dapat menghantar kalor disebut konduktor, seperti berbagai jenis logam. Sedangkan zat penghantar kalor yang buruk disebut isolator, pada umumnya benda-benda non logam. Contoh konduksi adalah memanaskan batang besi di atas nyala api. Apabila salah satu ujung besi dipanaskan, kemudian ujung yang lain dipegang, maka semakin lama ujung yang dipegang semakin panas. Hal ini menunjukkan bahwa kalor atau panas berpindah dari ujung besi yang dipanaskan ke ujung besi yang dipegang. Pengertian radiasi adalah perpindahan kalor tanpa memerlukan zat perantara. Pancaran kalor hanya terjadi dalam gas atau ruang hampa, misalnya penghantaran panas matahari ke bumi melalui ruang hampa udara. Alat yang digunakan untuk mengetahui adanya pancaran kalor yang dinamakan termoskop. Termoskop diferensial dipakai untuk menyelidiki sifat pancaran berbagai permukaan. Contoh radiasi adalah perpindahan panas dari cahaya matahari ke bumi. Radiasi kalor juga dapat terjadi pada lampu pijar listrik yang sedang menyala dan api unggun yang sedang menyala. Pada saat kita berada di sekitar api unggun yang sedang menyala, tubuh kita terasa hangat karena adanya radiasi kalor yang dipancarkan oleh api unggun.

Saat telapak tangan saling digosokkan, terjadi perubahan energi . . . .
a. kinetik menjadi bunyi
b. potensial menjadi panas
c. kinetik menjadi panas
d. potensial menjadi kinetik

Jawaban = 

C. kinetik menjadi panas.
karena semua benda yg bergerak akan memiliki energi kinetik. telapak tangan yang saling digosokkan merupakan salah satu bentuk gerak, sehingga memiliki energi kinetik. Setelah digosokkan maka akan menghasilkan panas (kalor) sehingga menjadi energi panas.

Dari 38 siswa di kelas 3A, 20 siswa gemar matematika, 24 siswa gemar olahraga dan 6 siswa tidak gemar matematika maupun olahraga. Banyak siswa yang hanya gemar matematika adalah ....

A. 4 orang

B. 7 orang

C. 8 orang

D. 12 orang

Jawaban = 

n(A irisan B) = n(A) + n(B) – n(A U B) = 20 + 24 – (38 – 6) = 44 – 32 = 12

Energi matahari digunakan sebagai energi alternatif dalam ….
a. pembuatan arang kayu
b. pengolahan lahan pesawahan
c. proses pembuatan gula pasir
d. proses pengeringan gabah

Jawaban = 

D. proses pengeringan gabah,  dapat menggunakan sinar matahari sebagai energi alternatif dengan cara menjemur gabah di bawah terik matahari.

Gaya yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda adalah ….
a. gaya pegas
b. gaya gravitasi
c. gaya gesek
d. gaya mesin

Jawaban = 

C. Gaya Gesek. Gaya gesekan ditentukan oleh kehalusan atau kekasaran permukaan benda yang bersentuhan. Semakin halus permukaan benda maka semakin kecil gaya gesekan. Gaya gravitasi bumi menyebabkan semua benda yang ada di permukaan bumi selalu ditarik ke arah pusat bumi. Semakin jauh dari pusat bumi, maka berat benda semakin berkurang. Gaya pegas dapat didefinisikan sebagai gaya atau kekuatan lenting suatu pegas untuk kembali ke posisi  atau bentuk semula. Gaya pegas adalah gaya yang dimiliki oleh pegas yang tergantung atau pegas yang terenggang ataupun termampatkan. Gaya pegas juga terdapat pada anak panah yang terlepas dari busurnya. Contoh lainnya : perenang yang meloncat dari papan loncat di kolam renang. Gaya mesin adalah Gaya yang dihasil kan oleh kerja mesin.

Hasil dari 24 : (-4) + (-3) x 5 adalah ....

A. -45

B. -21

C. 21

D. 45

Jawaban = 

24 : (-4) + (-3) x 5 = -6 + (-15) = -21 ( B )

 

Pemanas air dihubungkan pada sumber tegangan PLN 220 volt, dan dialiri arus listrik 2,5 A. Pesawat tersebut digunakan selama 5 jam per hari. Daya pemanas tersebut dan energi yang digunakan selama 1 bulan (30 hari) adalah berapa Watt? dan KWh?

Jawaban = 

Dik:
V= 220v
I= 2.5 A
t= 5 jam

daya:
P=I*V
= 2.5 a * 220 v
550 w

energi:
W= I*V*t
W= P*t
= 550 w * 5 jam * 30 hari
= 82500 Wh
= 82.5 kWh — dibagi seribu karena kilo (k)

Benda terletak sejauh 25 cm dari sebuah lensa,terbentuk bayangan maya yang diperbesar 2 kali dari benda aslinya kekuatan lensa tersebut adalah ????

Jawaban = 

s = 25 cm
m = – s’ / s
↔ s’ = – m s
s’ = – 2s = -50 cm (Maya)
Persamaan lensa
1/f = 1/s + 1/s’
1/f = 1/25 + 1/(-50)
1/f = 2/50 – 1/50
1/f = 1/50
f = 50 cm

P = 100 / f  (Rumus)
P = 100 / 50 = 2 Dioptri

Lembaga negara yang menjadi tidak ada setelah UUD 1945 diamandemen adalah..

Jawaban = DPA (Dewan Pertimbangan Agung)

Lembaga negara hasil amandemen UUD 1945 adalah MPR, DPR, DPD, Presiden, MA, MK, KY dan BPK. Lembaga yang dihapus DPA

Landasan koperasi, antara lain :

  1. Landasan Idiil, yaitu Pancasila
  2. Landasan struktural, yaitu : UUD 1945
  3. Landasan mental, yaitu rasa setia kawan dan kesadaran pribadi

Landasan idiil kooperasi adalah . . .

Jawaban = Pancasila

Landasan koperasi, antara lain :

  1. Landasan Idiil, yaitu Pancasila
  2. Landasan struktural, yaitu : UUD 1945
  3. Landasan mental, yaitu rasa setia kawan dan kesadaran pribadi

Lembaga yang berfungsi sebagai pembuat undang-undang adalah lembaga. . .

Jawaban = Legislatif

Komponen pemerintahaan indonesia terdiri atas lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Kumpulan simbol pada peta disebut. . .

Jawaban = Legenda. 

Skala = perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya

Judul peta menunjukkan nama peta

Simbol peta = tanda yang ada pada peta

Satu satunya cairan pada suhu kamar yang memungkinkan terjadinya konduksi adalah

A.air

B.benzena

C.alkohol

D.raksa

Jawaban = D. raksa ,karena raksa termasuk cairan logam

Gerak benda selalu bersifat relatif. Hal ini berarti bahwa bergerak atau tidaknya suatu benda di tentukan oleh ….

Jawaban = keadaan si pengamat terhadap benda

Jika sebuah bus di rem secara mendadak, penumpang yang duduk di dalamnya akan terhempas kedepan. Peristiwa ini adalah contoh berlakunya ….

Jawaban = Hukum I Newton

Perhatikan pernyataan berikut.
1) Bola yang di lemparkan vertical keatas
2) Naik sepatu roda di jalan mendatar
3) Buah kelapa yang jatuh dari pohon
4) Mobil sedang di rem hingga berhenti

Yang termasuk gerak lurus berubah beraturan di perlambat adalah?

Jawaban = 1 dan 4

Keterangan :

Bola dilempar keatas akan berlawanan dengan gravitasi bumi sehingga mengalami perlambatan.

Naik sepatu roda pada jalan mendatar akan mengalami GLB atau GLBB dipercepat ketika diberikan gaya, dengan adanya roda berarti menghilangkan hambatan / gesekan.

Buah kelapa yang jatuh dari pohon akan mengalami GLBB dipercepat karena adanya gravitasi bumi (F = m x g), semakin besar Massa nya maka akan semakin besar pula Gayanya, gravitasi bumi 10 m/s2

Mobil yang di rem akan mengalami gesekan sehingga akan mengalami perlambatan.

Gerak benda yang bergerak dengan lintasan berbentuk setengah lingkaran adalah?

Jawaban = gerak parabola

Sebuah mobil yang sedang melaju menempuh jarak 10 km pada 5 menit pertama, 10 menit berikutnya menempuh jarak 45 km dan 15 menit selanjutnya mobil itu menempuh jarak 15 km. Kecepatan rata-rata dari mobil itu adalah ....

Jawaban = 

Diketahui:

s1 = 10 km

t1 = 5 menit

s2 = 45 km

t2 = 10 menit

s2 = 15 km

t2 = 15 menit

Ditanyakan: v =?

Jawab:

Terlebih dahulu cari jarak total yang ditempuh oleh mobil tersebut

stotal = s1 + s2 + s3

stotal = 10 km + 45 km + 15 km

stotal = 70 km

Sekarang cari waktu total yang ditempuh oleh mobil tersebut

ttotal = t1 + t2 +t3

ttotal = 5 menit + 10 menit +15 menit

ttotal = 30 menit = 0,5 jam

v = stotal/ttotal

v = 70 km /0,5 jam

v = 140 km/jam

Sebuah mobil berjalan 20 m/s direm hingga berhenti dalam waktu 4 detik. Jarak yang ditempuh selama pengereman adalah … m.

Jawaban = 

Diketahui:

vo = 20 m/s

v= 0

t = 4 s

Ditanyakan: s = ?

Dijawab:

s = v0.t + ½ at2

dalam hal ini a = (vt – v0)/t, maka

s = v0.t + ½ ((vt – v0)/t ).t2

s = v0.t + ½ (vt – v0)t

s = v0.t + ½vt.t – ½v0.t

s = v0.t– ½v0.t + ½vt.t

s = ½v0.t + ½vt.t

s = ½(v0+vt)t

s = ½(20 m/s+0)4 s

s = 40 m

Andi berjalan 6 meter ke barat, kemudian 8 meter ke selatan. Besarnya perpindahan Andi adalah ....

Jawaban = 

Diketahui:

s1 = 6 m ke barat

s2 = 8 m ke selatan

Ditanyakan: s (perpindahan) =?

Jawab:

Untuk menjawab soal ini anda harus menguasai konsep perpindahan. Jadi untuk menjawab soal ini kita gunakan rumus phytagoras, yaitu:

s = (s12 + s12)

s = (62 + 82)

s = (36 + 64)

s = 100

s = 10 m

Sebuah truk yang mula-mula diam, 5 detik kemudian kecepatannya menjadi 6 m/s. Percepatan truk tersebut adalah .... m/s2

Jawaban = 

Diketahui:

v0 = 0

vt = 6 m/s

t = 5 s

Ditanyakan: a = ?

Jawab:

a = (vt – v0)/t

a = (6 m/s – 0)/ 5 s

a = 1,2 m/s2

Sebuah mobil menempuh 20 km dalam waktu 30 menit. Dapat dipastikan bahwa mobil tersebut bergerak dengan kecepatan

Jawaban = 

Diketahui:

s = 20 km

t = 30 menit = 0,5 jam

Ditanyakan: v = ?

Jawab:

v = s/t

v = 20 km/0,5 jam

v = 40 km/jam

Diameter masukan dan keluaran sebuah dongkrak hidrolik adalah 10 mm dan 40 mm. Jika gaya 1470 N dikerjakan pada pengisap masukan, berapa massa benda yang dapat diangkat oleh dongkrak tersebut?

Jawaban = Rumus untuk hidrolik : F1 / A1 = F2 /A2 dimana F adalah gaya (N) dan A adalah luas penampang.

Diketahui F1 (gaya masukan) = 1470 N dan A1 (masukan) = 10 mm. F2 (gaya keluaran) = massa (m) x gravitasi (m/s2). A2 (keluaran) = 40 mm.

Ditanya Massa benda yang diangkat dongkrak

Maka : 

F1 / A1 = F2/A2 (dikali silang) F1 x A2 = F2 x A1  (kita masukan angkanya) – — 1470 N x 40 mm = F1 x 10 mm (satuan mm bisa di coret).. maka F1 = 1470 N x 40  : 10 (40 : 10 = 4) dan F1 = 1470 N x 4 = 5880 N. 

Massa benda menggunakan rumus F = massa x gravitasi, maka kita masukkan angka yang di dapat  ke rumusnya

5880 N = massa x 10 m/s2

Massa = 5880 N : 10 m/s2 = 588 Kg m/s2 : m/s2 . . . . . .1 N = 1 Kg m/s2

Massa = 588 Kg

Perpindahaan zat dari larutan hipertonis ke hipotonis tanpa melalui membran semipermiable disebut . . .

Jawaban = Difusi

pengangkutan vasikuler adalah pengangkutan yang melibatkan
a. epidermis dan xilem
b. endodermis dan floem
c. korteks dan periskel
d. xilem dan floem

Jawaban = Xilem dan Floem (D)
Pengangkutan ini terjadi melalui berkas pembuluh angkut, yaitu xilem dan floem. Xilem (pembuluh kayu) berfungsi untuk mengangkut air mineral dan garam, Floem (pembuluh tapis) untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh. Extravasikuler adalah pengankutan diluar berkas pembuluh angkut.

Sebutkan 4 (empat) fungsi akar tumbuhan !

Jawaban = menyerap air, tempat penyimpanan cadangan makanan, memperkokoh tumbuhan, membantu proses pernafasan.

Apa fungsi dari nama berikut ini :
a. Kutikula
b. Korteks

Jawaban = Kultikula adalah untuk memberikan hambatan yang bertindak sebagai gatekeeper untuk menjaga beberapa hal dalam dan orang lain di luar, sedangkan Korteks berfungsi sebagai transportasi hara dari epidermis ke dalam teras akar serta sebagai penyimpanan cadangan energi dalam bentuk pati

Sebutkan 4 fungsi batang !

Jawaban = Untuk menyimpan cadangan makanan, tempat pertukaran gas melalui lentisel, alat perkembangbiakan secara vegetatif dan sebagai tempat tumbuhnya daun, buah serta tunas.

Akar mudah menembus tanah karena pada ujung akar terdapat . . . .

Jawaban = Tudung akar / kalipta

Apakah yang dimaksud dengan
a. Grana
b. Stroma
c. Tilakoid

Jawaban = Grana adalah tumpukan tilakoid yang berlapis-lapis, Stroma adalah matriks cair dalam kloroplas, Tilakoid adalah membran ganda dalam kloroplas yang di dalamnya terdapat klorofil.

Sebutkan contoh tanaman yang yang mengalami gerak tigmotropisme!

Jawaban = Mentimun, sirih dan anggur

Molekul yang terdiri dari atom-atom sejenis dinamakan molekul . . .
a. ion
b. Senyawa
c. Campuran
d. Unsur

Jawaban = Unsur (D)

Larutan natrium hipoklorit dalam bahan pemutih sekitar . . .

Jawaban = 5,25 %

Zat disusun oleh partikel-partikel terkecil, berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun zat adalah
a. atom
b. ion
c. molekul
d. senyawa

Jawaban = senyawa
Senyawa adalah gabungan dari unsur

Gerak sebagian tubuh tumbuhan menuju atau meninggalkan arah datangnya rangsangan disebut. .

Tropisme

Tropisme adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Bagian yang bergerak itu misalnya cabang, daun, kuncup bunga, atau sulur. Gerak tropisme dapat dibedakan menjadi tropisme positif apabila gerak itu menuju sumber rangsangan dan tropisme negatif apabila gerak itu menjauhi sumber rangsangan. Ditinjau dari macam sumber rangsangannya, tropisme dapat dibedakan lagi menjadi fototropisme, geotropisme, hidrotropisme, kemotropisme, dan tigmotropisme.

Bagaimana tata cara penulisan tanda atom menurut Berzelius,jelaskan!

1. Setiap atom atau unsur di tulis dengan satu atu dua huruf.
2. Huruf pertama (awal) selalu dituliskan dengan huruf kapital (huruf besar) dari nama atom atau unsur.
3. Huruf kedua di tulis salah satu huruf berikutnya tetapi menggunakan huruf kecil.

Exponen dan Akar, Matematika kelas 10 . akar 54 + akar 24 - 4 akar 6 + akar 150 = ...?

akar 6 x 9 + akar 6 x 4 – 4 akar 6 + akar 25 x 6

3 akar 6 + 2 akar 6 – 4 akar 6 + 5 akar 6

6 akar 6

Gerak menutupnya daun petai Cina di malam hari di sebut. . .

Pada malam hari
gerak demikian merupakan salah satu contoh gerak niktinasti. gerak niktinasti merupakan gerak bagian tubuh tumbukan karena pengaruh rangsangan gelap. gerak ini merupakan gerak tidur

Diantara gerak di bawah ini yang bukan gerak tropi adalah . .

a. Membuka menutupnya stomata pada daun

b. membengkoknya ujung batang kearah cahaya

c. Gerak melilitnya sulur pada anggur

d. gerak ujung akar menuju pusat Bumi

Ditinjau dari sumber rangsangannya. Gerakan membuka dan menutupnya stomata adalah termasuk Nasti kompleks. Nasti kompleks merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh beberapa factor sekaligus, seperti karbondioksida, pH, temperature, dan kadar kalsium.

Contohnya gerak membuka dan menutupnya stomata pada daun (a).

Di antara gerak tumbuhan di bawah ini yang arah geraknya tidak ditentukan oleh arah datangnya rangsangan adalah

a. Fototropi

b. kemotaksis

c. niktinasti

d. geotropi


Niktinasti (c)  “penjelasan ada pada soal sebelumnya”

Sebuah balok berada pada lantai licin dan ditarik oleh gaya F = 40 Newton. Jika usaha yang dilakukan oleh gaya kepada balok adalah 680 joule, hitunglah besar perpindahan balok!

Pembahasan
Usaha = gaya x perpindahan
W = F x S
680 Joule = 40 N x S
S = 680 Nm / 40 N S = 17 meter

Seorang anak memindahkan sebuah buku yang jatuh dilantai ke atas meja. Massa buku adalah 300 gram dan tinggi meja dari lantai adalah 80 cm. Jika percepatan gavitasi bumi adalah 10 m/s2 tentukan usaha yang diperlukan!

Pembahasan
Usaha bisa juga ditemukan dari perubahan energi potensial buku.
Energi potensial buku saat dilantai adalah nol,
sementara energi potensial saat di meja adalah Ep = m x g x h,
dimana h adalah tinggi meja.
Ubah satuan ke MKS (meter, kilogram, sekon), dengan demikian
W = Δ Ep
W = m x g x h
W = 0,300 x 10 x 0,80
W = 2,4 joule

Sebuah benda yang massanya 8 Kg, terbang dengan kecepatan 4 m/s dan berada pada ketinggian 6 m. Jika percepatan gravitasi bumi 10 N/Kg , besar Energi Mekaniknya adalah ?

Pembahasan
EM = Ep + EK = (m x g x h ) + (1/2 x m x v x v)

= (8 x 10 x 6) + (1/2 x 8 x 4 x 4)

EM = 480 Joule + 64 Joule

= 544 Joule

SMU kelas 10, Bagian dari bakteriofage yang masuk kedalam sel inangnya adalah
a. Kapsid
b. selubung protein
c. asam nukleat
d. DNA dan RNA
e. Lempeng dasar

Jawaban C

Dalam siklus hidup virus pada tahap ke2 yaitu tahap penetrasi, bagian tubuh virus yang masuk ke dalam seladalah asam nukleat saja, yaitu DNA saja atau RNA saja, sebab virus hanya memiliki satu asam nukleat

Mengapa sebelum memasukan materi genetik ke sel inang, virus terlebih dahulu melekat pada membran sel inang?

Karena sel inang memiliki reseptor protein khusus yang dapat mengenali virus.

Matemtika kelas 8, Harga 7 ekor ayam dan 6 ekor itik Rp.67.250,- sedangkan harga 2 ekor ayam dan 3 ekor itik Rp. 25.000,- maka harga satu ekor ayam adalah. .?

Misalnya ayam = a daan itik = b

7a + 6b = 67.250 .. . . x 1 ; 7a + 6b = 67.250
2a + 3b = 25.000 . . . .x 2 ; 4a + 6b = 50.000
___________________ –
3a = 17.250
a = 5.750
Maka harga 1 ekor ayamnya menjadi = Rp. 5.750,-

Matematika kelas 8, Persamaan garis lurus yang melalui titik (-1,5) dan tegak lurus garis y = 1/4 x -3 adalah . .?

Pembahasan :
Garis y = 1/4x -3, memiliki gradiem (m1) = 1/4 dan melalui titik (0,-3). Garis lain tegak lurus garis tersebut, maka berlaku : m x m2 = -1

m2 = -1/m1 = -1 / 1/4 = -4

Persamaan garis yang lain yang melalui titik (-1,5) dengan gradien -4 adalah

y-5 = -4(x-1) ____ y= -4x + 1

IPA kelas 8, Gaya sebesar 20 N dikenakan pada piston kecil dengan luas permukaan 0,02 m2. Pada piston yang besar dengan luas area 0,2 m2 , hitunglah
a. Tekanan Zat cair yang dikenakan pada piston kecil
b. Tekanan yang bekerja pada pston besar
c. Gaya yang dihasilkan pada piston besar

Pembahasan :
Diket :
Fx = 20 N, Ax = 0,02 m2
Fy = . . .? , Ay = 0,2 m2

a. Tekanan pada piston kecil , Px = Fx / Ax = 20 / 0,02 = 1000 Pa
b. Tekanan pada piston besar , Py = Px = 1000 Pa
c. Gaya yang di hasilkan Piston besar , Fy = Py. Ay = 1000 x 0,2 = 200 N

 

 

Kolom Bertanya

Your Name (required)

Your Email (required)

Subject

Your Message

Contact Details

Office Address:Langsung saja ketempat kami

Taman Telaga Mediterania Perkusi 1 No.50 Citra Raya Tangerang

Hotline            : +62 81268452685

: