Malapraktek Kedokteran Secara Umum

Salam hormat

Kesehatan merupakan investasi yang sangat penting dalam mengarungi kehidupan. Sebagai seorang manusia di era modern saat ini tentunya kita mengenal rumah sakit. Tempat yang menjadi salah satu rujukan kita untuk mengobati penyakit. Di dalam prakteknya tentu kita juga mengenal istilah Malapraktek. Apakah malapraktik itu? kenapa sering dihubungkan dengan Dokter dan Rumah Sakit? Bagaimana cara kita mengetahui adanya malapraktik ketika berobat dirumah sakit?

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang dikutip dari buku yang berjudul “menjadi pasian cerdas Terhindar dari malapraktik” karya DR. Bahar Azwar, Sp B Onk.

  • Apakah yang disebut dengan malapraktik?

Malapraktik adalah pekerjaan yang buruk atau salah (wrong doing). Ia berasal dari dua kata bahasa latin (Yunani), yaitu malus, yang berarti buruk, dan praktikos, pekerjaan.

  • Kalau begitu, apakah semua orang dapat melakukan malapraktik?

Betul, semua orang dapat melakukannya.

  • Namun, mengapa selalu dikaitkan dengan dokter?

Jika dilakukan oleh dokter, barulah ia disebut malapraktik kedokteran. Terkenalnya itu mungkin karena hukumannya sudah dikenal sejak ribuan tahun. Selain itu mungkin karena masyarakat masih percaya pada dokter.

  • Bukankah kalau dokter lalai akan terjadi musibah?

Belum tentu. Musibah dapat terjadi tanpa malapraktik dan sebaliknya.

  • Apakah contoh musibah tanpa malapraktik?

Misalnya, pasien meninggal dalam suatu operasi, walaupun dokter sudah melakukan segala cara yang harus dilakukan sesuai dengan ilmu yang dipelajarinya dan pengalaman yang diperolehnya.

  • Apakah contoh malapraktik tanpa musibah?

Misalnya, pasien diperiksa dengan berbagai alat canggih berbiaya mahal, walaupun tidak diperlukan.

  • Bagaimana mengetahui adanya malapraktik?

Ada beberapa unsur. Pertama adalah adanya hubungan dokter-pasien.

Demikianlah seterusnya di bahas secara rinci dalam buku tersebut. Ingin langsung bertanya dengan DR. Bahar dan rekannya? Kabar Gembira, saat ini kita bisa bertanya langsung melalui website nya, yaitu www.sehat-islami.com

Silahkan klik gambar dibawah ini untuk langsung ke website nya ­čśë

logo-baru-1

 

 

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.