momentcam_20150213003759

Educational Games pelajaran Bahasa Inggris

Ice Breaking  merupakan suatu istilah yang secara sederhana adalah  suatu aktivitas kecil dalam suatu acara yang bertujuan agar peserta acara mengenal peserta lain dan merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Kegiatan ini biasanya diselingi dengan huhmor, pencerahan bahkan terkadang agak memalukan 😀  Intinya adalah mencairkan suasana yang tegang agar peserta menjadi fresh atau segar kembali. 
Banyak cara yang dilakukan dalam melakukan ice breaking. Anda bisa mendapatkannya di youtube, dari buku-buku, pengalaman teman, mengikuti seminar motivasi dan sebagainya. Dari semua itu yang terpenting adalah momen tang tepat dalam melakukannya. Kenapa? karena jika tidak tepat pada waktu yang dibutuhkan bisa dipastikan usaha Anda akan menjadi gariang atau tidak jelas 😀 dan yang pasti akan membuat Anda merasa aneh sendiri.
Saat yang tepat unyuk melakukan Ice breaking diantaranya adalah :
* Saat peserta datang dari berbagai background yang berbeda.
* Peserta perlu untuk bekerjasama secepatnya untuk satu tujuan.
* Tim baru terbentuk.
* Topik diskusi merupakan hal baru.
* Fasilitator yang ingin lebih mengenal peserta maupun sebaliknya.
Selabihnya tentu Anda sendiri yang mengetahui dengan melihat situasi pada audience. Kunci dari kesuksesan ice breaker adalah mengkhususkan kegiatan ini untuk menunjang agenda yang ada dan mencairkan suasana.
Langkah dalam Mendesain Ice Breaker:
* Ketahui dulu “es-es” atau hal yang membuat suasana menjadi kaku dari situasi  yang ada.
* Klarifikasikan tujuan yang khusus pada sesi ice breaking ini.
* Dengan Tujuan yang jelas desain sesi ice breaking bisa dimulai.
* Tujuan harus Anda ucapkan secara jelas dan perlahan sampai semua peserta dirasa mengerti.
* Jadilah diri Anda sendiri
berbagai contoh permainan dalam ice breaking ini akan kami sajikan secara bertahap pada kolom

Untuk yang pertama adalah games di bawah ini. Games ini dapat dilakukan oleh guru Bahasa Inggris tingkat dasar maupun dewasa, tergantung bagaimana kita membawakannya. Anak-anak biasanya lebih sulit diatur daripada orang dewasa. Mencairkan suasana sangat dibutuhkan. Bicaralah tentang tujuan games ini sesuai dengan dunia mereka. Jika perlu Anda bisa melakukan humor terlebih dahulu, menggunakan alat peraga dan sebagainya.  Oke, langsung kita mulai ya, Check it out 😉

NOUN GAMES 

    A.    Tujuan Permainan 
    Peserta dapat mengexplorasi kata benda seperti :
          Hewan dan Tumbuhan 
          Anggota tubuh 
          Benda-benda disekitar sekolah 
          Benda-benda disekitar kelas kelas 
          Benda benda disekitar rumah 
          Dan lainnya  
     Bukan hanya Bahasa Inggris, akan tetapi juga Bahasa Mandarin, Korea ataupun Bahasa lainnya.
 
B.   Waktu 
     Minimal 10 menit
      
     C.    Usia Pemain
     Diatas 8 Tahun 
 
     D.   Sistem Permainan 
          Peserta terdiri dari perorangan dan dipandu oleh 1-2 Instruktur
          Setiap Peserta diberikan kertas yang telah disiapkan dalan 4 kolom oleh Instruktur
          Masing-masing kolom terdiri dari huruf, kategori benda, nama benda dan poin
          Di bagian akhir kolom adalah total nilai peserta
          Peserta dengan point  terbanyak adalah pemenang 
 
E   E.    Tempat 
     Didalam ruangan dan di luar ruangan
 
     F.    Alat Permainan 
          Lembaran kertas ( sesuai dengan jumlah peserta )
          Alat tulis dan penggaris
    G.    Cara Bermain ( Role Play )
          Instruktur membagikan kertas kepada masing-masing peserta
          Kertas telah terbagi atas 4 kolom
          Dengan panduan instruktur peserta mengisi kolom pertama dengan huruf ( Letters ) A-Z
 
A
B
C
Total
          Instruktur harus memastikan peserta mengerti keseluruhan kategori ( pada saat pembelajaran )
          Instruktur memulai aba-aba dan menghidupkan stopwatch tanda kompetisi dimulai, peserta harus berfikir isi dari semua kategori berdasarkan huruf / letter yang diberikan
 
A
Animals
Ant
B
Fruit
Banana
C
Furniture
Chair
Total
          Kompetisi selesai ketika waktu telah 10 menit ( Sesuai kesepakatan waktu antara peserta dan Instruktur sebelum pertandingan dimulai )
          Penilaian adalah sebagai berikut :
a.       Tidak ada jawaban , poin = 0
b.      Jawaban sama dengan peserta lain = 10 poin
c.       Jawaban tidak sama dengan peserta lain = 20 poin
 
A
Animals
Ant
1
B
Fruit
Banana
2
C
Furniture
Chair
1
Total
4
             Nilai ( poin ) di total dan pemenang adalah peserta yang memiliki nilai tertinggi

 

    H.    Catatan ( Note )
          Instruktur harus menjelaskan dan memastikan seluruh peserta mengerti cara bermain terlebih dahulu

 

          Akan lebih efektif jika Instruktur telah menyediakan lembaran dengan kolom sebelum permainan dimulai
          Diakhir permainan berikan tugas kepada peserta untuk menghafal kata benda yang neraka dapat secara keselurahan pada permainan ( dari semua peserta )
 
    I.    Variasi ( Variation )
          Instrtuktur dapat mengajak peserta keluar ruangan dengan memberikan kategori yang ada di luar, seperti Animals, biarkan peserta mencari sendiri, ajarkan bagaimana peserta mencari di kamus
          Dalam waktu yang telah ditentukan semua peserta telah kembali ke Instruktur
          Diakhir permainan berikan tugas kepada peserta untuk menghafal kata benda yang telah meraka dapatkan dari seluruh permainan

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.