belajar-efektif-1

Educational games bagian 2

Dear all Bloggers, Members ,Readers, Brothers and Sister

Kembali lagi bersama kami dalam sesi “ice breaking” dengan educational games. Seperti halnya pada postingan sebelumnya, kami akan menjabarkan kembali piilihan-pilhan game menarik yang dapat Anda sajikan untuk mencairkan suasana yang kaku di dalam kelas ataupun seminar. Sesi yang menyenangkan akan membuat suasana belajar menjadi kompetitif, audience maupun murid menjadi bersemangat dan guru ataupun presenter menjadi lebih bergairah bukan?

Sebelum kami mulai, bagi yang baru mengikuti dapat melihat postingan di website ini sebelumnya melalui link berikut :

Menyatukan peserta dari latar belakang yang berbeda merupakan tantangan tersendiri bagi para presenter dan pengajar. Kebersamaan yang positif akan menghasilkan solusi belajar yang baik. Sebagai contoh di Sekolah Dasar ataupun tingkatan lainnya keatas banyak anak yang tidak menyukai pelajaran Matematika ataupun IPA. Guru yang baik akan menyadari bahwa menarik minat murid terhadap pelajaran ini akan menghasilan dampak yang lebih efektif daripada hanya dengan memaksakan memberikan tips cara mengerjakan soal.
Alam bawah sadar sangat berperan dalam kemampuan anak belajar. Kata bosan, malas dan sebagainya terkadang terlontar begitu saja tanpa dipkirkan terlebih dahulu oleh anak, hal ini adalah alam bawah sadar mereka. Perlu diketahui pendapat ini bukan hanya sekedar pendapat kami sepihak, akan tetapi pendapat ini adalah pendapat dari banyak pakar pendidikan. Tidak percaya? lihatlah gambar di bawah ini :
belajar-efektif2
Langsung saja kita mulai permainan mendidik kedua kali ini ya. Judul permainan kali ini akan kami berikan judul
MEMBIDIK TARGET
A. Tujuan Permainan

1. Mendidik peserta dalam menghadapi dan menyikapi persaingan, baik dari segi sportifitas dan semangat.
2. Mendidik peserta dalam ketangkasan, keuletan, kesabaran dan kepercayaan diri serta bagaimana cara
menyikapi kegagalan dalam melakukan sesuatu hal.
3. Melatih peserta dalam bekerja sebagai sebuah tim.

B. Usia Pemain / Peserta
Usia Pemain / Peserta sebaiknya diatas 7 Tahun, Karena pada permainan ini Pemandu/ Instruktur harus memberikan materi sesuai dengan target pembelajaran dan menjelaskan baik di awal dan akhir permainan ini mengenai nilai moral yang terkanding didalamnya.

C. Alat Permainan.
1. Papan Tulis atau Papan Target (Jenis Lingkaran ) yang masing-masing lingkaran diberikan Point tersendiri

2. Bordmarker (Spidol Papan Tulis)
3. Bola karet kecil / Bola Pingpong (Optional)
4. Lembaran Pertanyaan (sesuai dengan materi yang diajarkan sebelumnya)
5. Stopwatch
6. Hadiah-hadiah menarik (Murah meriah ) Seperti Alat Tulis, Buku Tulis, Gantungan Kunci, dan lainnya yang telah diberi Point tersendiri
7. Catatan Point masing-masing grup dan masing-masing anak
D. Cara Bermain
1. Instruktur membagi peserta menjadi 4 Grup. Dan masing-masing Grup mendapatkan masing-masing 4-5 Pertanyaan yang harus di Jawab pada lembaran mereka masing-masing. Sebagai Contoh ketika guru SD sedang memberikan pelajaran mengenai Operasi Bilangan Bulat, maka Setiap anak pada masing-masing grup harus menjawab masing-masing soal yang berbeda pada lembaran yang berbeda pula pada waktu yang telah ditentukan.
2. Setelah waktu selesai, peserta yang ada di Grup 1, masing-masing menjabarkan di Papan Tulis tentang soal yang mereka kerjakan, dan menjelaskan keteman lainnya layaknya seorang guru. Peserta pada grup lain  yang dapat mengoreksi jawaban dan premengujsentasi peserta yang sedang menjelaskan maka akan mendapatkan point Grup yang meliputi semua peserta di grup itu yaitu 20 Point ( Contoh, ketika grup 2 mengoreksi dan benar, maka seluruh peserta yang ada di grup 2 mendapatkan 20 Point). Dan secara otomatis Peserta yang salah menjelaskan di Papan Tulis kehilangan 20 Pointnya 😀
3. Setelah masing-masing peserta di grup 1 Selesai, dilanjutkan unutk di grup 2 dan seterusnya dengan cara yang sama.
4. setelah semuai selesai, maka Instruktur akan mengumunkan jawaban yang benar pada masing-masing peserta ( yang tidak dikoreksi), dan setiap  1 jawaban yang benar memunyai 1 kesempatan untuk melempar ke target dengan jarak yang telah ditentukan. Maka ketika seorang Peserta dapat menjawab 5 Pertanyaan, maka Dia berhak melempar sebanyak 5 kali ke arah Target.
5. Pemandu / Instruktur akan memandu Peserta dalam melempar dan juri bagi ketepatannya (Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat 😀 )
6. Setelah semua selesai, maka Intruktur akan mengumumkan jumlah Pointnya, dan masing-masing anak berhak atas hadiah yang telah disediakan berdasarkan Poin
7. Apabila terjadi Poin yang sama untutk sebuah hadiah, maka Instruktur akan mengujinya dengan masing-masing 1 lemparan ke arah target untuk menentukan Pemenang.
TIPS & TRICK
1. Pemandu harus tegas dan memastikan semua peraturan dimengerti oleh Peserta.
2. Games ini terbuka untuk semua bidang Ilmu.
3. Perlengkapan yang ada diatas dapat di variasikan / Modifikasi / diganti sesuai kebutuhan.
Demikian Dear all, Thanks a lot
Sampai berjumpa di Posting kami berikutnya 🙂
Best Regards
Senopati Center

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.