iyooo

Cara Sederhana menyegarkan kembali Usaha kita #1

Banyak tips tentang memulai sesuatu usaha atau bisnis, tetapi masih sedikit kiat untuk menyegarkan (refresh) usaha kita yang sedang memasuki masa jenuh menjadi inovatif kembali. Kenapa usaha bisa memasuki masa jenuh? Tentu saja bisa, karena usaha pada prinsipnya harus selalu bisa berdampingan dengan perkembangan zaman, bahkan harus berlanjut hingga akhir zaman kalau diizinkan oleh Sang Maha Pencipta.

Berikut tipe pengembangan usaha yang dapat kita amati bersama, baik dari lingkungan kita, berita ataupun media lainnya :

  1. Banyak Usaha yang lancar jaya di awal lalu runtuh di akhir
  2. Ada juga usaha yang penghasilannya pas-pas an di awal, lalu berkembang dan berkembang terus hingga memasuki masa kejayaannya dan setelah itu memudar dan menjadi lesu dan akhirnya gulung tikar.
  3. Ada juga yang layu sebelum berkembang.
  4. Ada usaha (bisnis) yang sukses mengikuti perkembangan zaman dan tetap stabil sampai sekarang, baik dari branding maupun pendapatan.

Dari uraian di atas mari kita coba jawab pertanyaan berikut dengan jujur :

  • Berada di posisi manakah bisnis kita?
  • Setelah mengetahui berada  di posisi mana, maka pertanyaan berikutnya adalah …
  • Apakah kita perlu membangkitkan kembali gairah bisnis kita?

Khusus bagi yang merasa berada di posisi ke 4, apakah perlu membangkitkan kembali gairah bisnis nya? Jawabannya jelas sangat perlu. Perusahaan sekelas Facebook mengakusisi Whatsapp dan Instagram agar dapat menjawab tuntutan zaman di bidang media sosial dan chatting. Kita ketahui bersama pesaing Facebook seperti Twitter dan Telegram mulai mengambil alih pangsa pasar facebook di beberapa negara. Jelas bagi pendiri Facebook yang dikenal hidup sederhana hal ini bukan hanya sekedar untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Akan tetapi lebih ke masalah pentig dalam bidang usaha, yaitu “menjawab kebutuhan zaman”. Pada akhirnya Facebook secara langsung dan tidak langsung telah melakukan penyegaran kembali (refresh) perusahaannya dengan berbagai inovasi yang tepat. Apakah bisnis kita sudah sekelas Facebook? Atau Google? Micosoft? Atau mungkin kita merasa bisnis kita sekelas PT. Torabika?

Dapat kita tarik benang merah pada awal tulisan ini adalah bahwa setiap usaha (bisnis) yang ingin bertahan di kerasnya persaingan dewasa ini adalah “harus selalu menyegarkan kembali (refresh) bisnisnya”. Sebagai pengambil keputusan seperti owner, direktur ataupun pejabat pemerintah harus selalu melakukan inovasi di berbagai sektor kerjanya.

Ada beberapa langkah yang dapat kita tempuh untuk menyegarkan kembali bisnis, yaitu :

  1. Dengarkan suara-suara baru.
  2. Berikan kebebasan kepada mereka untuk mengeluarkan ide.
  3. Berikan kebebasan untuk mereka yang berbakat.
  4. Kecilkan resiko untuk melakukan segala eksperimen.
  5. Hargailah para pemberi ide dengan sebaik-baiknya.
  6. Jadilah seperti sel yang berpisah dan berkembang terus menerus.
  7. Naikkan Nilai bisnis Anda!

Bagaimana aplikasi dan penjelasan nya secara rinci? Nantikan sambungan dari tulisan ini pada kesempatan berikutnya. Semmoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan saya sendiri.  Tetap semangat dalam berwirausaha. Apalah artinya pendapatan yang banyak tanpa adanya semangat.Semaangat adalah inti dasar dari sebuah gairah.
Best Regard
Senopati Education Center

Comments