sketchguru_20161006024550

Cara Menjaga Motivasi untuk Sukses

 

Dear all

Pada artikel atau tips sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara meningkatkan motivasi . Motivasi untuk mewujudkan mimpi tidak akan selalu bertahan tetap tinggi di dalam diri ini. Jika kita ingin tetap termotivasi setiap saat maka yang bertanggung jawab untuk membangkitkan dan memelihara motivasi itu adalah diri kita sendiri. Jangan bergantung kepada orang lain, tetap waspada dan selalu menjaga semangat di dalam jiwa.

Ada beberapa kunci pembentuk dan pemelihara motivasi, yaitu :

  • Achievement Drive : Orang dengan tipe ini akan terus memperbaiki dan melakukan evaluasi atas hasil kerjanya secara berkesinambungan. Tujuan terukur sehingga mampu mengambil resiko akan tindakannya. Bukan hanya itu, mereka juga memiliki keyakinan bahwa tujuan-tujuan tersebut layak dicapai. Kekuatan membara untuk mencari informasi dan belajar setiap saat dengan hal-hal yang baru. Evaluasi sangat dibutuhkan, buatlah jadwal seperti 1 minggu sekali untuk melakukan sebuah evaluasi terhadap diri kita dan jujurlah, cari solusi dan percayalah, bahwa bahwa setiap rintangan atau masalah pasti ada solusinya.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.”

(Q.S. Al-Insyirah: 5-6)

Berdasarkan penghayatan kita, buatlah di buku catatan, tulislah perilaku-perilaku yang dapat meningkatkan Achievement Drive ini.

  • Initiative : Pada tipe ini,inisiatif yang tinggi akan mampu untuk mempergunakan kesepatan, baik menangkap kesempatan maupun mempergunakan dan bukan hanya menunggu kesempatan itu muncul dengan sendirinya. Orang pada tipe ini tidak ragu menerobos halangan dan menciptakan kemungkinan-kemungkinan baru sebagai jalan menuju harapan.

 “Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

(Q.S. Al-Baqarah: 286)

Berdasarkan penghayatan kita, buatlah di buku catatan, tulislah perilaku-perilaku yang dapat meningkatkan Initiative ini.

  • Optimisme : Orang yang memiliki optimisme yang tinggi akan mampu bertahan di tengah kepungan maslah untuk melihat kesempatan. Mereka tidak melihat ancaman dalam kesulitan, melainkan kesempatan dalam setiap tantangan. Orang seperti ini akan melihat sesuatu dengan positif dan selalu mengharapkan yang terbaik dari orang-orang sekelilingnya. Mereka sadar bahwa semua masalah akan selalu tetap ada, dan mereka akan selalu optimis dalam menghadapinya.

“Wahai orang-orang yang beriman mintalah pertolongan melalui Sabar dan Shalat, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Dan benar-benar akan Kami uji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, dan kekurangan buah-buahan, dan berilah kabar gembira bagi orang-orang yang sabar, (yaitu) yang apabila mereka tertimpa musibah mereka mengatakan “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya kami kembali”

(Q.S. Al-Baqarah: 155-156)

Berdasarkan penghayatan kita, buatlah di buku catatan, tulislah perilaku-perilaku yang dapat meningkatkan Optimisme ini.

Jadilah ketiga tipe tersebut. Janganlah menjadi pecundang tapi jadilah pemenang. Belajarlah dari apa saja yang kita lihat, bahkan dari seekor elang.

Biarlah masa lalu menjadi pelajaran bagi hari yang akan kita hadapi. Buatlah perencanaan dan Evaluasilah secara berkesinambungan.

motivasi

Demikian artikel serta tips kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel serta tips berikutnya.

Best Regards

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.