secsocial

Cara meningkatkan kekuatan motivasi

Dear all

Motivasi bukanlah hal baru di dalam sendi kehidupan kita. Di mulai dari orang tua yang selalu memotivasi anaknya dalam belajar serta memperbaiki hidup, seorang guru yang memberikan motivasi untuk anak didiknya agar semangat dalam belajar, presenter public speaking membangkitkan gairah peserta untuk lebih meraih prestasi di perusahaannya masing-masing, seseorang yang memberikan motivasi kepada saudaranya agar bisa terlepas dari narkoba, dan lainnya. Bahkan saat ini banyak seminar-seminar motivasi yang dapat kita lihat dan ikuti.

Sebagai manusia, sudah pasti kita pernah merasakan suatu kondisi dimana kita merasa gagal, terjatuh, tidak bisa menghadapi rintangan yang kita hadapi, ketergantungan terhadap sesuatu yang akan menghambat tujuan kita, tidak mendapatkan sesuatu yang kita capai dan sebagainya. Di satu sisi kita juga pernah merasakan sebuah keberhasilan, atau kita juga pernah menemukan sesorang yang begitu gigih berjuang meraih apa yang diinginkan walaupun penuh hambatan dan keterbatasan bukan? kenapa bisa? itulah sebuah kekuatan dari motivasi.

Motivasi yang meningkat akan menjadi kuat, lalu kekuatan itu akan menjalar ke seluruh elemen dalam tubuh kita untuk melakukan sesuatu. Keyakinan akan terbentuk sejalan dengan langkah-langkah dan tindakan yang kita lakukan. Peadaban dunia telah mencatat bahwa keberhasilan hidup seseorang tidak selalu berpihak kepada mereka yang terkuat, terkaya, tercepat dan terhebat. Tetapi percayalah bahwa cepat atau lambat keberhasilan hidup akan sangat ditentukan kepada mereka yang yakin bahwa mereka bisa dan tidak pernah menyerah. Keyakinan yang telah terbungkus oleh satu kata, yaitu motivasi.

Menurut sejumlah pakar, motivasi memiliki beberapa pengertian dari sumber-sumber yang berbeda, antara lain :

  1. Proses internal yang memberikan energi dan arah pada perilaku seseorang (Reeve, 1986).
  2. kondisi internal yang muncul karena adanya kebutuhan dan hasrat pada diri seseorang yang mendorong dirinya untuk bertindak demi terpenuhinya kebutuhan atau hasrat tersebut (Bertina Szukudlarex, 2003)
  3. Kondisi internal yang menggugah, mengarahkan dan memelihara tingkah laku (Anita Woolfolk, 2004)

Berikut tahapan pertama yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kekuatan motivasi  :

  • Kesadaran akan perubahan yang diinginkan tidak akan pernah terjadi tampa tindakan. Tindakan tampa berdoa kepada Sang Pencipta adalah tindakan yang tidak memiliki keyakinan. Maka mulailah perbaiki cara kita beribadah kepada Sang Pencipta.
  • Berdasarkan pengertian-pengertian yang telah dijabarkan diatas, maka cobalah untuk membuat definisi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, buat targetnya. Contoh kasus, jika saat ini Anda menjadi pecandu narkoba, tetapkan terlebih dahulu kesadaran Anda untuk berubah dan melawan.Jangan pernah merendahkan diri Anda, ketahuilah, bahwa berjuta-juta orang sukses dengan kesuksesannya terbentuk dari berbagai kegagalan, jatuhnya harga diri, rintangan yang bertubi-tubi.  Buatlah definisi kekuatan motivasi untuk mengatasinya, seperti “Saya sangat membenci dan akan memusnahkan narkoba dari kehidupan saya demi kebahagian serta masa depan keluarga saya.” Begitu juga pada kasus lainnya dan buatlah sebuah target dari khusus ke target umum. Buatlah definisi yang jelas dan sangat Anda mengerti.
  • Setelah mendefinisikan kekuatan motivasi, langkah selanjutnya perkuat definisi itu dengan film dan bacaan yang berhubungan dengan tujuan. Carilah kisah inspirasi-inspirasi, rasakan dan pikirkan setelah menonton atau membaca adegan didalamnya. Ada banyak film yang dapat kita tonton, untuk film Indonesia misalnya ada “Laskar Pelangi” untuk merangsang kekuatan motivasi kita akan keberhasilan. Contoh kasus seorang pecandu narkoba dapat melihat film box office yang tersedia, kita bisa mendapatkan judulnya dari berbagai informasi, seperti google, youtube, informasi dari teman, langsung ke rental atau tempat jual cd dan sebagainya. Sekali lagi buatlah definisi kita dan perkuat dengan film dan bacaan inspirasi kisah sukses. Hal yang paling penting ambilah hikmahnya.
  • Bangunlah impian kita, jadikan  kekuatan. Jangan takut ataupun ragu dalam bermimpi. Bermimpilah besar. Kekuatan impian telah mengantarkan begitu banyak orang meraih impiannya. Semua tokoh sukses di dunia ini telah memiliki keinginan kuat dan mimpi besar untuk mencapai keinginannya. Kekuatan Impian akan membuat kita tidak mudah menyerah walau menderita berbagai kegagalan.

quote

Kekuatan Impian adalah suatu kondisi ideal yang sangat kita dambakan. Bagaikan karang yang diterpa ombak kita akan tetap berdiri menggapainya. Jika salah kita perbaiki, gagal? coba lagi. Jangan menyerah, karena dengan menyerah maka kita akan kehilangan fondasi-fondasi yang kita bangun untuk meraih impian itu. Motivasi akan menyelimuti Impian kita menjadi kuat menempuh badai cobaan. Semuanya akan ada di dalam rangkaian Doa dan Usaha kita kepada Sang Pencipta.

  • Mulailah melakukan simulasi akan seperti apa kita di masa depan. Tulislah dan konsentrasi. Untuk menggali semua keinginan dan impian buatlah Mind Map. Hal ini akan menjadi langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam kekuatan motivasi. Buatlah dengan 5W 1H. Lihatlah artikel sebelumnya bagaimana cara membuat Mind Map jika Anda belum tahu ataupun lupa. Cara mencatat efektif dalam belajar

Demikianlah tips dan artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Pada artikel berikutnya kami akan membahas bagaimana cara membangkitkan insiatif dalam berprestasi di setiap motivasi yang kita bangun. Tanpa inisiatif, motivasi maupun impian yang kita bangun akan menjadi terhambat tanpa kita sadari. Jangan kemana-mana tetap di #seconline

Best regards

 

 

Comments

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.